Bashscript
Bashscript
Posted By doko

Yuk kenalan dengan Ansible


Postingan ini saya tujukan untuk para sysadmin dan para penggiat linux. kali ini saya akan memberikan informasi tentang salah satu dari tool automation, yaitu ansible. mungkin dari kita pernah kenal tool automation lainnya, seperti puppet ataupun chef. nah, disini saya akan jelaskan kenapa saya memilih ansible untuk mendukung pekerjaan saya selama ini.

ansible adalah tool automation yang dimiliki oleh perusahaan besar yang bergerak di bidang teknologi yaitu RedHat. Jadi jangan salah anggap, kalau RedHat itu cuma jualan subscription OS saya, ada banyak lagi jualan Redhat, seperti openshift, jenkins, EDB dan ansible pastinya.

Berikut adalah kelebihan ansible sesuai dengan pengalaman saya.

  • mudah di pahami, karena penulisan kode ansble harus mengikuti format yaml, dan format yaml sangat dekat dengan sysadmin. jadi bukan hal sulit untuk memahami tool ini. menurut pengalaman saya, saya lebih cepat memahami ansible dibanding tool automation lainnya.
  • agentless, seperti yang kita ketahui kalau automation yang lain seperti puppet ataupun chef di haruskan menginstall agent pada target, dan coba bayangkan jika server yang kalian manage adalah 1000 server, ini menjadi kerjaan tambahan buat kalian.
  • terdokumentasi, seperti yang kita sadari. kalau kapasitas manusia sangat terbatas. sebagai contoh saat ini kita diminta untuk setup 1 secara kompleks. lalu di bulan berikutnya kita diminta lagi untuk setup server lain dengan konfigurasi yang identik dengan server sebelumnya. hasilnya mungkin bisa beda. nah dengan tool ini kita cukup menulis satu kali configure, dan kita bisa eksekusi puluhan kali dengan hasil yang sama.
  • skala yang besar, mungkin belum pernah saya alami, andai saja kita seorang sysadmin dan diberi tanggung jawab untuk memanage server berjumlah 1000 pcs. ( apa mungkin kita setup satu-satu )
  • support command bash, nah ini favorit saya. ketika perintah yang kita butuhkan tidak ada pada module kita bisa menggunakan module command, dan kita bisa mengetikkan perintah bash.

Lalu bagaimana cara installnya

cara installnya cukup mudah. secara default tool ini sudah ada di dalam official repo tiap Distro linux seperti fedora, centos, debian, ubuntu dll.

di fedora kalian cukup ketik :

dnf install ansible

sedangkan di ubuntu kalian cukup ketik :

apt install ansible

di Arch ketik perintah :

pacman -S ansible

tapi secara pribadi saya lebih suka menginstall dari repo python, karena source dari python lebih up-to-date dibanding repo official OS. caranya

sudo pip install ansible

FYI: di beberapa distro pip tidak secara default terinstall dalam OS jadi kalian bisa install terlebih dahulu.

ok cukup sekian pengenalan tentang ansible kali ini. jika ada kesempatan lain saya akan coba buat tutorial tentang penggunaan ansible.


Doko - adalah orang biasa yang belajar dan bekerja sebagai System Administrator. belajar menjadi penulis blog dan mempunyai hobby bermain beberapa game pc dan mobile.

View Comments