Home / Tech / Wajib Tahu! Ini dia 5 Aplikasi Yang Bikin Android Kamu Lemot

Wajib Tahu! Ini dia 5 Aplikasi Yang Bikin Android Kamu Lemot

5 Aplikasi Yang Bikin Android Lemot – Aplikasi memang menjadi kebutuhan pokok pada smartphone Android untuk mempermudah para penggunanya. Akan tetapi jika smartphone terlalu banyak di install aplikasi malah akan memperberat kinerja smartphone itu sendiri. Karena seperti yang semua kita tahu, aplikasi pihak ketiga yang di install akan terus berjalan walaupun sedang tidak di gunakan. Oleh karena itu, ada baiknya anda memilih aplikasi-aplikasi yang seharusnya di install dan tidak perlu untuk di install pada smartphone.

aplikasi yang bikin android lemot

Berikut akan saya berikan beberapa daftar aplikasi-aplikasi yang membuat Android menjadi lelet kaya kebo, yang dilansir dari laman Android Pit, pada Kamis (09/6/2016). Berikut 5 aplikasi yang buat smartphone kamu lemot dan wajib untuk dihapus :

Aplikasi Yang Bikin Android Lemot

1. Facebook
Siapa yang tidak mengenal dengan aplikasi yang satu ini, hampir mayoritas dari semua usia mengetahuinya. Memang tidak dipungkiri jika Facebook pada umumnya langsung tersedia pada smartphone baru tanpa harus meng-installnya. Kepopularitasan dari aplikasi jejaring sosial yang satu ini sudah tidak diragukan lagi, dengan adanya aplikasi jejaring sosial ini para penggunanya dapat terhubung langsung dengan siapapun, kapanpun dan di manapun.
Namaun, pada aplikasi ini hadir beberapa macam fitur dan notifikasi yang mana justru membuat kapasitas penyimpanan pada smartphone menjadi boros. Tenang dulu guys.. jangan terburu nafsu dulu, jika Anda seorang yang kerap kali membuka Facebook setiap hari, tak perlu khawatir. Ada sebuah solusi bagi Anda yaitu ketika ingin membuka Facebook sebaiknya gunakan browser. Hal ini justru bisa lebih jauh menghemat kapasitas memori dan baterai jika dibandingkan dengan menggunakan aplikasi secara langsung.
2. Aplikasi cuaca
Saat ini hadirnya beragam aplikasi pada gadget, sangat membantu bagi pengguna. Salah satunya adalah aplikasi cuaca, aplikasi ini memang sangat membantu penggunanya untuk mengetahui keadaan cuaca pada hari tersebut.
Namun, aplikasi ini memiliki sisi negative yaitu setiap hari kita mendapat update prakiraan cuaca yang kerap tampil dan jika hal tersebut berlangsung secara berkala, ternyata dapat memakan banyak daya baterai, terlebih lagi jika si pengguna memasang widget di layar utama. Jika ingin tetap memanfaatkan fitur prediksi cuaca, Anda dapat menggunakan fitur Google Now untuk menanyakan langsung terkait dengan informasi cuaca.
3. Anti Virus gratisan
Perangkat Android sangat rentan terkena serangan virus. Maka dari itu, para pengguna sangat membutuhkan kehadiran aplikasi anti virus dan pelindung keamanan Android yang memang sangat dibutuhkan untuk mencegah hal tersebut terjadi. Tapi, terdapat kekurangan pada aplikasi ini, rupa-rupanya tanpa disadari aplikasi ini dapat memakan daya baterai gadget Anda dalam skala yang cukup besar.
Kendati demikian, Anda masih dapat mengakali hal itu dengan cara mengunduh aplikasi atau konten lain secara aman, langsung dari toko aplikasi Google Play Store.
4. Aplikasi pembersih
Ada baiknya jika kita rajin untuk “Membersihkan” aplikasi pada perangkat Android, karena hal itu dapat meningkatkan performa gadget Anda menjadi lebih lancar. Biasanya membersihkan identik dengan menghapus beberapa cached data (data sisa) yang mana ternyata dapat memakan kapasitas memori. Namun yang perlu diingat, jika Clean Master dan juga beberapa aplikasi sejenisnya seperti CC Cleaner dan Speed Booster rupanya dapat juga menyisakan “sampah” dan dapat menghabiskan daya baterai.
Anda masih bisa mengakali pembersihan sampah dengan cara beranjak ke Settings, lalu pilih pilihan Apps dan pergi ke direktori Downloaded. Nah ..dari situ, pilih aplikasi yang ingin dibersihkan dengan memilih tulisan Clean Cache.
5. Aplikasi Browser bawaan Android
Ternyata aplikasi browser bawaan dari Android dapat memakan kuota data internet yang cukup besar. Namun, Anda masih bisa mengakali hal itu dengan cara mengunduh aplikasi browser lainnya seperti Opera Mini.
Aplikasi ini memiliki banyak fitur untuk meminimalisir penggunaan data internet si pengguna ketika hendak mengunjungi sebuah situs tertentu.
Itulah informasi terkait aplikasi yang bikin smartphone Android menjadi lemot yang dapat saya sampaikan untuk anda. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda.

Check Also

Kocak, saat Jokowi Ditanya Netizen Soal Hokage Ke-8 ‘Naruto’

JAKARTA – Akun Youtube Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengunggah video yang menjawab pertanyaan dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *