Tech
Posted By doko

Viktorija Golubic dan Gelimang Euro di Roland Garros


Laporan langsung Krisna Diantha Akassa dari Prancis

Senin, 23 Mei 2016 − 14:25 WIB

PARIS – Sudah menjadi garis tangannya tampil sebagai pemain qualifikasi : kurang terperhatikan. Baik dari kalangan penonton, maupun wartawan. Begitulah yang dialami Viktorija Golubic, the rising star asal Zurich, Swiss.

Ditempatkan di court 6, yang hanya berisi 100 tempat duduk dan terganggu bising lalu lalang mobil dari jalan sebelah. Bandingkan dengan main court, Philippe Chatrier dengan 15 ribuan tempat duduk, atau Suzanne Lenleng dengan 10 ribuan kursi.

Di press room pun demikian. Golubic, pahlawan Piala Federasi Swiss, hanya mendapatkan tiga pertanyaan dari wartawan yang hanya lima orang. Main Press Room bisa menampung 80 wartawan dan selalu penuh sesak jika Novak Djokovic, Stan Wawrinka, Rafael Nadal, Andy Murray atau Serena William sedang menggelar jumpa persnya.

Tapi bagi Golubic sendiri, kekurangan perhatian terhadap dirinya, sama sekali tak masalah. Apalagi setelah lolos babak pertama. Paling tidak, Golubic yang pertama kali tampil di Roland Garros, berhak mengantung hadiah 30 ribu euro atau setara Rp 450 jutaan.

“Konsentrasi saya bukan untuk uang, tapi bagaimana mengalahkan lawan,” katanya. Riske, musuh pertamanya di babak pertama, berhasil dikalahkan dengan tiga set, dalam pertandingan yang alot.

Kesempatan Golubic bisa tampil di lapangan utama pun akhirnya tercapai. Tiket itu ia peroleh setelah mengalahkan finalis tahun lalu, Lucie Safarova. Bukan hanya itu, Golubic berhasil menuai hadiah 60 ribu euro. Jika menang lagi di babak ketiga, akan memanen 102 ribu euro.

Hadiah uang ini akan terus meningkat dari 173 ribu euro (perdelapan final) , 294 ribu euro (perempat final), 500 ribu euro (semi final) dan 1 juta euro (runner up), serta 2 juta euro (juara Roland Garros). Rata rata, jumlah hadiah ini naik 15 % dari tahun silam.

Sekitar 3000 wartawan peliput Roland Garros kali ini juga kebagian rejeki. Sehari, wartawan mendapatkan “uang saku”, dalam bentuk voucher sebesar 10 euro, yang bisa ditukarkan dengan sandwich atau minuman ringan di Roland Garros.

(bbk)

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘Small-Leaderboard-468×60’); });

View Comments
There are currently no comments.