Home / Health / Usir Bad Mood dengan Sederet Mood Booster Andalanmu

Usir Bad Mood dengan Sederet Mood Booster Andalanmu

Hari-hari tidak selalu berjalan lancar. Terkadang ada saja yang membuat kesal. Padahal, suasana hati atau ‘mood’ bisa memengaruhi kegiatan sehari-hari. Kalau sudah begini, kamu butuh ‘mood booster’.

Mood booster adalah sesuatu yang bisa memperbaiki suasana hatimu. Hal menyebalkan yang terjadi di pagi hari biasanya bisa memengaruhi suasana hati selama seharian. Bahkan, bisa hingga malam sebelum tidur. Jangan biarkan hal yang menyebalkan mengganggu aktivitasmu. Lakukanlah beberapa cara di bawah ini agar hari ini lebih bersemangat.

usir bad mood dengan sederet mood booster andalan mu - alodokter

usir bad mood dengan sederet mood booster andalan mu - alodokter

Hilangkan rasa sebal dengan 5 macam mood booster di bawah ini.

  • Mulai sejak pagi

    Seperti yang disebutkan di atas. Sesuatu yang terjadi di pagi hari bisa memengaruhi suasana hati selama seharian. Jadi, cobalah untuk menyisihkan sedikit waktumu di pagi hari untuk memikirkan hal yang bisa membuatmu senang pada hari itu. Misalnya saja, makan piza di saat makan siang bisa membuatmu senang. Cobalah untuk memikirkan itu, dan menjadikannya salah satu rencanamu di hari itu. Hal ini bisa membuatmu merasa lebih semangat dalam memulai hari.
  • Pilih jenis makanan ini

    Terdapat beberapa jenis makanan yang sehat dan juga bisa membuat harimu lebih baik. Oat, ikan yang mengandung omega 3, pisang, dan cokelat hitam merupakan deretan makanan mood booster yang bisa membuat suasana hatimu menjadi lebih baik. Kamu bisa memulai harimu dengan mengonsumsi oat di pagi hari. Selenium (kandungan mineral) dan indeks glikemik yang rendah di dalam oat membuatnya dapat melepaskan energi ke dalam aliran darah dengan perlahan. Sehingga membuat suasana hati dan gula darah tetap stabil. Menurut penelitian mengonsumsi ikan salmon, makerel, dan sardin dapat menyehatkan otak dan memperlancar pengiriman sinyal antar sel-sel otak, sehingga diduga turut memperbaiki suasana hati. Pisang dipercaya bisa membantu mengatasi gangguan tidur, kecemasan, dan depresi. Sedangkan orang yang mengonsumsi cokelat hitam, menurut studi, tingkat kecemasan mereka menurun dan mereka memproduksi lebih sedikit hormon stres.

  • Dengarkan suara-suara alam

    Ketika sedang stres atau suasana hati sedang tidak baik, mendengarkan suara kicauan burung atau suara percikan air dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik. Mungkin akan lebih menenangkan jika mendengarkan langsung dari sumbernya di alam. Namun, tentu tidak bisa setiap saat kamu bisa melakukan ini. Untuk menyiasatinya, kamu bisa menyiapkan mood booster ini dalam bentuk rekaman.
  • Sediakan waktu untuk tidur siang

    Mengantuk dan pekerjaan yang menumpuk bisa menjadi hal yang menyebalkan. Sebuah studi menunjukkan bahwa tidur siang singkat dapat meningkatkan mood, serta meningkatkan kinerja dan kewaspadaan seseorang. Oleh karena itu, siapkanlah sedikit waktu untuk melakukan tidur siang.
  • Bermainlah dengan hewan peliharaan

    Jika harimu sudah terlanjur menyebalkan, melelahkan, dan tidak sempat bertemu dengan mood booster di luar rumah. Cobalah untuk bermain dengan hewan peliharaanmu. Mengelus bulu hewan, seperti kucing dan anjing dapat melepaskan hormon serotonin, oksitosin, dan prolaktin. Itu adalah tiga jenis hormon yang menurunkan hormon stres.

Selain beberapa hal di atas, mood booster juga bisa datang dari warna baju yang kamu kenakan untuk beraktivitas. Pilihlah warna yang membuatmu merasa senang dan terlihat ceria. Kamu juga bisa menjadikan secangkir cokelat hangat sebagai teman dalam menyelesaikan pekerjaan. Ingat, jangan biarkan suasana hati yang muram memengaruhi produktivitas sehari-hari.

Praktikkan deretan mood booster di atas, dan mulailah harimu dengan berpikir positif.

Check Also

Apa Sajakah Tanda Dari Herpes Genital yang Perlu Kita Waspadai?

Apa Sajakah Tanda Dari Herpes Genital yang Perlu Kita Waspadai? – Salah satu penyakit infeksi menular …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *