Home / Tech / Tips Buat Ibu Pekerja Agar Bahagia di Rumah dan Kantor

Tips Buat Ibu Pekerja Agar Bahagia di Rumah dan Kantor

Seorang ibu tidak melulu harus menghabiskan waktunya di rumah untuk melakukan pekerjaan rumah tangga. Saat ini, banyak wanita yang memutuskan untuk melakukan pekerjaan ganda, yakni sebagai ibu rumah tangga dan juga pekerja kantoran.

Menjadi ibu rumah tangga yang juga bekerja bukanlah hal mudah. Kamu harus mengerahkan tenaga ekstra agar tidak kehilangan peranmu sebagai ibu di rumah, sekaligus menjaga profesionalisme di kantor. Lelah mungkin menjadi satu kata yang sering terlontar darimu. Namun jangan patah semangat! Dengan melakukan tips berikut ini kamu bisa, kok, menghadapi rutinitas padat tersebut dengan bahagia dan semangat yang terus membara.

Tips Buat Ibu Pekerja agar Bahagia di Rumah dan di KantorTips Buat Ibu Pekerja agar Bahagia di Rumah dan di Kantor

Gunakan waktu secara bijak. Kunci agar kamu dapat tetap bahagia walau menjalani rutinitas yang padat yaitu bijak mengatur waktu. Kamu harus bisa mengelompokkan hal apa saja yang penting dan tidak penting dalam hidupmu. Gunakan waktu sebaik-baiknya. Jangan sampai kamu memakainya untuk melakukan hal yang tidak berguna.

Sebagai contoh, selama seminggu kamu dapat melakukan kegiatan seperti biasa dari bangun tidur hingga memejamkan mata pada malam hari. Catat apa saja aktivitas yang telah kamu lakukan tiap harinya selama 7 hari tersebut. Setelah itu, kamu bisa mengevaluasi kegiatan tersebut. Mana kegiatan yang benar-benar berguna dan sebaliknya.

Selain itu, kamu juga harus fokus melakukan sesuatu pada waktunya. Jangan sampai kamu membawa pekerjaan kantor ke rumah.

Ketahui tujuanmu. Jika kamu tidak mengetahui tujuan hidupmu, kamu akan mengalami kesulitan dalam menjalani hari-harimu secara efisien. Misalnya,  tiap hari senin hingga rabu, kamu fokus mengerjakan pekerjaan kantor agar pada hari kamis dan jumat kamu bisa lebih santai bekerja. Lalu sesampainya di rumah, kamu bisa leluasa menghabiskan waktu bersama suami dan buah hati tercinta tanpa harus memikirkan pekerjaan yang belum selesai.

Curahkan isi hati. Jika kamu memiliki teman yang juga menjalani kehidupan seperti dirimu, kamu dapat menceritakan kendala yang kamu alami atau bisa juga bertukar cerita dengan komunitas ibu-ibu pekerja. Hal tersebut setidaknya bisa meringankan bebanmu dan menjadikan kamu lebih kuat karena banyak, kok, wanita yang bisa melakukan peran gandanya dengan sukses.

Tidur yang cukup. Banyak sekali manfaat yang bisa kamu ambil dari tidur seperti tubuh yang sehat, pikiranmu lebih jernih, mood lebih terjaga, dan membuatmu lebih berenergi. Jadi sesibuk apa pun harimu, kamu harus memejamkan mata dan mengistirahatkan tubuhmu pada malam hari. Nah, tidur di sini tidak hanya berkaitan dengan kuantitas, tapi haruslah berkualitas. Pastikan kamu menjalani jam tidur atau bangun yang sama tiap harinya, termasuk saat akhir pekan atau hari libur. Dengan begitu, tubuhmu akan terbiasa menjalaninya.

Luangkan waktu untuk manjakan diri. Di sela-sela waktumu sebagai ibu atau pekerja, selalu sempatkan atau curi-curi waktu untuk memanjakan dirimu. Contohnya, selagi di rumah kamu bisa bangun lebih awal sebelum melakukan aktivitas sebagai ibu rumah tangga. Gunakan waktu tersebut untuk melakukan hal-hal yang bisa membuat hatimu senang atau hal yang tidak sempat kamu lakukan saat waktu sibukmu.

Selagi di kantor, gunakan waktu istirahat untuk makan dan tidur siang sejenak. Tidur siang, walau singkat (10-30 menit), bisa membuatmu lebih bertenaga, lho! Selain tidur siang, kamu juga bisa memakai sisa jam istirahat untuk melakukan hal yang kamu suka seperti menelepon suami dan buah hatimu, membaca novel, majalah, atau nonton serial TV favoritmu.

Oia, kamu juga bisa menggunakan akhir pekan untuk ke salon, spa, atau bersenang-senang bersama keluargamu. Kalian bisa memakai waktu ini untuk pergi ke taman hiburan, mall, kebun binatang, makan di restoran, atau tamasya ke luar kota.

Ayo, semangat!!! Kamu pasti bisa menjalani pekerjaan ganda ini dengan bahagia.

googletag.cmd.push(function(){googletag.display(“div-gpt-ad-1450067495602-0”);});

Check Also

Kocak, saat Jokowi Ditanya Netizen Soal Hokage Ke-8 ‘Naruto’

JAKARTA – Akun Youtube Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengunggah video yang menjawab pertanyaan dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *