Home / Health / Tidak Perlu Waktu Lama untuk Move On Setelah Putus Cinta

Tidak Perlu Waktu Lama untuk Move On Setelah Putus Cinta

Pengalaman putus cinta tentu bukan peristiwa bahagia yang menyenangkan. Meski demikian, perlu diketahui sebenarnya tidak perlu waktu lama untuk move on dan kembali memperoleh kehidupan normal.

Putus cinta tidak ubahnya terasa bagaikan mencabut plester pada luka yang terbuka. Tidak usah berpura-pura menganggap remeh perasaan patah hati saat putus cinta. Kejadian ini bisa sangat menyakitkan. Namun, bukan berarti Anda harus mengurung diri dan menangis berhari-hari, ataupun menolak makan dan tidur secara berlarut-larut.

Tidak perlu lama untuk move on setelah putus cinta - alodokter

Merasa Lebih Baik

Sebuah penelitian mengungkap, sebagian orang tidak menyadari kekuatan dirinya sendiri untuk bangkit setelah putus cinta. Seringkali, orang memperkirakan kesedihan yang akan dirasakannya secara berlebihan. Padahal, beberapa waktu setelah putus cinta, perasaan itu akan menjadi lebih baik.

Penelitian lain mengenai putus cinta, melibatkan sejumlah mahasiswa yang mengalaminya. Diketahui, pihak yang diputuskan atau mencintai pasangannya sangat dalam, tampak lebih tertekan setelah putus cinta. Namun, rata-rata partisipan membutuhkan waktu sekitar dua bulan untuk kembali normal.

Seorang psikologi menyamakan waktu berduka yang dibutuhkan oleh seseorang saat putus cinta dengan menerima kematian. Ada lima tahap berduka dalam diri seseorang yaitu penyangkalan, kemarahan, perundingan,  depresi, dan penerimaan.

Hanya saja saat putus cinta, terkadang ada tahap-tahap yang dilewati atau terbalik. Bisa saja, fase kemarahan dirasakan seseorang selama bertahun-tahun setelah putus cinta.

Kecenderungan berbeda

Kecenderungan laki-laki dan perempuan setelah putus cinta berbeda. Jika wanita banyak yang memilih untuk berduka, maka laki-laki cenderung segera mencari pengganti.

Meski sekilas mencari pengganti tampak dapat menjadi solusi, namun hal itu tidak disarankan. Berikan waktu beberapa saat untuk merenungkan dan benar-benar mengucapkan selamat tinggal, sebelum melanjutkan ke hubungan selanjutnya.

Meski tidak terlihat, namun sebenarnya ada ruang kosong di dalam diri masing-masing orang yang baru mengalami putus cinta. Ruang ini dapat diisi dengan berbagai kemungkinan, harapan, atau kegiatan yang menggembirakan. Ini merupakan kunci untuk bangkit setelah putus cinta.

Beberapa hal yang menyenangkan seperti mendengarkan musik atau menulis jurnal, dapat dijadikan cara mengalihkan perhatian setelah putus cinta. Namun, hindari lagu cinta yang biasa didengarkan bersama mantan pasangan atau membebani diri dengan aturan menulis yang rumit.

Selain itu, tindakan lain yang lebih aktif seperti berbagi cerita dengan orang lain atau berjalan-jalan ke luar rumah untuk menonton film, kemungkinan akan membantu hati merasa senang. Atau, pergi ke spa untuk memperoleh pijatan yang menenangkan.

Putus cinta memang peristiwa tidak menyenangkan, namun berusahalah untuk mengambil hikmah yang dapat membuat Anda menjadi pribadi lebih baik. Jika putus cinta membuat Anda merasakan sedih berlebihan atau terlalu lama, tidak perlu sungkan berkonsultasi dengan psikolog terdekat.

Check Also

mengatasi batuk parah

Mengatasi Batuk Parah menggunakan Kurma Dan Susu

Mengatasi Batuk Parah menggunakan Kurma Dan Susu – Tak hanya dikonsumsi saat berbuka puasa, buah kurma …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *