Home / Health / Tetap Kece Walau Ubanan

Tetap Kece Walau Ubanan

Rambut putih atau ubanan identik dengan seseorang yang sudah tua. Tapi, ada beberapa orang yang mengalaminya di usia muda. Kamu salah satu yang mengalaminya? Tenang dan jangan panik dulu, kamu tetap bisa kok terlihat menarik dengan rambut memutih.

Setiap helai rambut terdiri dari dua bagian yaitu batang dan akar rambut. Batang merupakan helaian rambut yang keluar dari kepala, sedangkan akar berada di bawah kulit kepala. Akar dari tiap helai rambut dikelilingi oleh folikel. Tiap folikel memiliki sel-sel pigmen yang bisa memproduksi melanin, zat yang memberi warna pada rambut. Semakin banyak kadar melanin yang diproduksi, semakin gelap warna rambut seseorang. Produksi melanin dapat berkurang seiring pertambahan usia, karena sel-sel pigmen pada folikel rambut juga ikut mengalami penuaan dan mati. Hal ini bisa membuat warna rambut memudar menjadi putih atau abu-abu.

Tetap Kece Walau Ubanan - alodokter

Biasanya, orang Asia mulai tumbuh uban menginjak usia akhir 30-an. Sebagian orang akan mulai dipenuhi uban saat berusia kepala lima. Jika kamu melihat ada rambutmu yang mulai memutih sebelum usia tersebut, harap tenang. Itu bukan berarti kamu sudah tua. Nah, berikut ini beberapa penyebabnya:

  • Faktor genetik atau keturunan. Coba tanyakan orang tua atau kakek – nenekmu, usia berapa mereka mulai tumbuh uban. Nah, pada umur tersebut pula nanti kamu akan memilikinya.
  • Merokok. Menurut sebuah penelitian, perokok empat kali lebih besar mengalami kondisi ini.
  • Menjalani pengobatan tertentu. Jika kamu menjalani terapi sinar X, terkadang rambut kamu bisa berubah menjadi putih. Tapi, kondisi ini hanya sementara saja.

Menurut ahli dan beberapa penelitian, penuaan dini pada rambut dapat juga disebabkan oleh kondisi kesehatan yang kamu miliki, seperti:

  • Kekurangan vitamin B12.
  • Gangguan kelenjar tiroid atau pituitari.
  • Vitiligo. Tidak hanya rambut yang memutih, kondisi ini juga bisa memudarkan warna bulu mata, alis, atau jenggot.

Sejauh ini kaitan antara stres dengan penuaan dini pada rambut masih belum jelas. Tapi yang pasti, ada bukti yang menyatakan bahwa stres berkepanjangan bisa merusak kesehatan fisik  dan mental. Sedangkan hormon yang dihasilkan saat stres diduga ikut terlibat dalam pergerakan sel-sel pigmen dari folikel rambut ke kulit. Tapi para ahli menduga tidak hanya stres yang memicu rambut memutih, ada faktor-faktor lain juga. Untuk itu perlu penelitian lebih lanjut.

Jangan Biarkan Uban Mengurangi Kepercayaan Diri

Jika kamu memiliki uban dan merasa tidak percaya diri, ada cara yang bisa kamu lakukan yaitu menutupinya. Menurut ahli rambut, uban bisa ditutupi dengan mengecatnya memakai cat rambut semi-permanen. Cat rambut jenis ini cocok untuk kamu yang baru memiliki beberapa helai uban. Kamu tidak perlu mengecat seluruh rambutnya yang sebagian besar masih berwarna alami. Kamu hanya perlu mengecat rambut yang telah memutih saja.

Menerapkan teknik highlight untuk menyamarkan uban juga bisa kamu coba.

Jika sebagian dari rambut kamu telah tertutupi uban, kamu bisa memakai cat rambut jenis permanen.

Cara lain yang instan dan mudah yang bisa kamu lakukan untuk menutupi uban, yaitu menyemprot uban dengan cat rambut dalam bentuk spray yang bisa hilang ketika kamu keramas.

Sebenarnya yang paling ampuh agar kamu bisa percaya diri luar dan dalam walau bermahkotakan uban adalah dengan mensyukuri apa yang kamu miliki. Dengan begitu, aura kecantikan dan semangat jiwa mudamu dapat terpancar dengan sendirinya, walau dihiasi oleh rambut ala orang lanjut usia ini. Ingat, kuncinya adalah tergantung dari bagaimana kamu membawa diri.

Untuk memaksimalkan penampilanmu dengan rambut uban, yuk, ikuti tips dari para ahli kecantikan di bawah ini:

Ubah tatanan rambutmu menjadi lebih modern seperti model potongan rambut bob.

Rawat kelembapannya dengan rutin memakai masker rambut sebulan sekali.

Rambut uban cenderung mudah kusut, oleh karena itu kamu disarankan untuk mencatok rambut agar terlihat lebih berkilau dan rapi.

Ingatlah ladies, kecantikan seorang wanita tidak ditentukan oleh warna rambutnya. Syukurilah hidup dengan menerima kekurangan diri lalu ubahlah menjadi sebuah kelebihan. Jika sudah bisa mencapai tahapan ini, aura kecantikanmu bisa terpancar dengan sendirinya, tak peduli seperti apa kondisi fisikmu.

Check Also

mengatasi batuk parah

Mengatasi Batuk Parah menggunakan Kurma Dan Susu

Mengatasi Batuk Parah menggunakan Kurma Dan Susu – Tak hanya dikonsumsi saat berbuka puasa, buah kurma …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *