Home / Tech / Stepanova, Atlet Rusia Pertama yang Boleh Tampil di Event Internasional

Stepanova, Atlet Rusia Pertama yang Boleh Tampil di Event Internasional

Jum’at, 1 Juli 2016 − 19:41 WIB

MOSKOW – Yuliya Stepanova menjadi atlet Rusia pertama yang diizinkan tampil di ajang internasional menyusul keputusan IOC mengasingkan negeri Beruang Merah dari Olimpiade Rio. Stepanova dapat keistimewaan karena bersedia membantu penyelidikan kasus doping masif yang melanda negaranya.

Federasi Atletik Internasional (IAAF) mengizinkan Stepanova tampil di kejuaraan atletik Eropa di Amsterdam, 6 Juli 2016 mendatang. Dengan catatan, Stepanova tidak membawa bendera negaranya di ajang tersebut.

Sebagai whistleblower, Yuliya Stepanova akan bekerja sama dengan IOC untuk mengungkap praktek doping sistemik yang terjadi di Rusia selama beberapa tahun terakhir. (Baca juga: Atlet Rusia Dilarang Tampil di Olimpiade 2016)

“Doping Review Board telah sepakat menerima aplikasi dari Yuliya Stepanova sesuai peraturan 22.1A (c) sebagai seseorang telah membuat kontribusi untuk perlindungan dan promosi atlet bersih, fair play dan integritas olahraga,” sebuah pernyataan dikutip Inside The Games, Jumat (1/7/2016).

“Sodari Stepanova sekarang memenuhi syarat untuk bersaing di Kompetisi Internasional sebagai atlet netral independen,” lanjut pernyataan yang sama.

Stepanova mencetak catatan waktu 1 menit 56.99 detik di nomor 800 meter, dilarang tampil sejak 2013 karena ditemukan keanehan pada paspor biologis. Dia dicopot dari semua kompetisi sejak Maret 2011, termasuk medali perak yang dia menangkan di Kejuaraan Indoor Eropa di Paris, 2011.

(bbk)

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘Small-Leaderboard-468×60’); });

Check Also

Kocak, saat Jokowi Ditanya Netizen Soal Hokage Ke-8 ‘Naruto’

JAKARTA – Akun Youtube Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengunggah video yang menjawab pertanyaan dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *