Home / Tech / Siap-siap Balapan Hujan GP Inggris, Michelin Bawa Ban Basah Baru

Siap-siap Balapan Hujan GP Inggris, Michelin Bawa Ban Basah Baru

Jelang MotoGP Inggris 2016

SILVERSTONE – Jelang penyelenggaraan Seri 12 di Sirkuit Silverstone akhir pekan ini. Pabrikan ban resmi MotoGP 2016, Michelin, berusaha memberi solusi terbaru untuk bagian depan motor usai masalah yang terjadi pada Seri 11 di Sirkuit Brno, GP Republik Ceko dua pekan silam.

Ya, seperti diketahui banyak pembalap MotoGP yang menggunakan ban basah (full wet) jenis soft pada balapan GP Republik Ceko harus mengakhirinya dengan kondisi ban tidak lagi dalam bentuk sempurna.

Pasalnya, seturut lintasan yang mulai kering sejak pertengahan balapan. Para pembalap yang menggunakan ban full wet jenis soft tidak menggantinya dengan ban intermediate atau ban slick.

Jadi hingga akhir balapan GP Republik Ceko, ban full wet jenis soft harus mengakhiri balapan dengan kondisi permukaan ban motor telah banyak yang mengelupas.

Seperti dilaporkan GPOne. Atas permasalahan tersebut, Michelin langsung menanggapinya dengan cepat dan berusaha memperbaikinya jelang GP Inggris di Sirkuit Silverstone akhir pekan ini, di mana perubahan cuaca bakal memegang peranan penting atas hasil balapan. Tengok saja hasil balapan di sana pada musim lalu, ketika Valentino Rossi mengungguli Danilo Petrucci dalam balapan basah.

Karenanya, pabrikan ban asal Prancis tersebut telah membawa pilihan ban depan tambahan untuk balapan hujan. Setelah mendengar para pembalap meminta adanya kompon berbeda buat jenis intermediate, maka Michelin telah mempersiapkan empat opsi permukaan ban intermediate, yaitu extra soft, soft, medium dan hard.

So, para pembalap kini bisa bebas memilih kompon yang mereka anggap cocok buat melibas lintasan saat hujan telah reda. Pilihan yang disiapkan Michelin bisa intermediate soft dan medium di bagian depan, lalu bisa soft dan hard di bagian belakang.

Lalu untuk kondisi kering, Michelin menawarkan tiga pilihan ban slick, yakni kompon soft, medium serta hard untuk bagian depan. Sedang kompon soft dan medium untuk bagian belakang, di mana kedua kompon tersebut sama-sama jenis asimetris.

Piero Taramasso, manajer Michelin menjelaskan: “Silverstone adalah salah satu balapan paling berat bagi ban yang kami persiapkan sebagaimana kita tidak pernah tahu jenis cuaca yang akan terjadi saat balapan di Inggris. Sirkuitnya sendiri bisa menjadi dingin dan berangin saat hujan, tapi jika matahari bersinar dan hangat, treknya juga bisa menjadi hot. Dari sisi teknis, sirkuit ini bertipikal cepat dan banyak tikungan yang membuat ban bekerja keras. Jadi kita butuh ban yang dapat mengatasi faktor-faktor itu dan kemungkinan perubahan cuaca serta temperatur. Kami telah membawa kompon baru untuk ban belakang yang kami yakini akan bekerja dengan sangat baik. Ini berdasarkan konstruksi yang sukses saat cuaca kering di Brno, yang mana kita lihat Marc Marquez dan Jorge Lorenzo yang hampir saja memecahkan rekor putaran terbaik di sana.”

(sbn)

Check Also

Kocak, saat Jokowi Ditanya Netizen Soal Hokage Ke-8 ‘Naruto’

JAKARTA – Akun Youtube Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengunggah video yang menjawab pertanyaan dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *