Home / Sports / Sesi Pemanasan MotoGP Qatar: Rossi Geleng-geleng, Marquez Jatuh

Sesi Pemanasan MotoGP Qatar: Rossi Geleng-geleng, Marquez Jatuh

Sesi Pemanasan MotoGP Qatar 2017

LOSAIL – Drama seri pembuka MotoGP 2017 di Sirkuit Losail, Qatar, kembali terjadi. Kali ini di sesi pemanasan yang berlangsung Minggu (26/3/2017) malam WIB.

Ya, juara dunia bertahan Marc Marquez menjadi yang tercepat dalam sesi Warm Up Practice (WUP) alias pemanasan MotoGP Qatar 2017 di Sirkuit Losail, Minggu (26/3/2017) malam WIB.

Marc Marquez (Honda Repsol) memimpin sesi pemanasan MotoGP Qatar 2017. (Foto-MotoGP)

Usai sesi Free Practice 4 (FP4) dan kualifikasi pada Sabtu (25/3/2017) tengah malam WIB dibatalkan karena kondisi trek.

Direktur lomba (Race Direction) lalu memutuskan untuk memperpanjang sesi pemanasan sebanyak 10 menit. Para pembalap pun mendapatkan jatah menjalani sesi selama 30 menit dari biasanya 20 menit.

Marc Marquez (Repsol Honda) mencetak catatan waktu tercepat 1 menit 55,728 detik. Akan tetapi, raihan itu dicapai Si Bayi Alien dengan susah payah. Mengapa? Pasalnya, ketika sedang memimpin di posisi pertama dan melakukan long run (simulasi balap), ia terjatuh di tikungan 14. Namun, kondisinya tak mengalami cedera serius dan dapat menyelesaikan sesi pemanasan.

Marc Marquez (Honda Repsol) saat terjatuh di tikungan 14 pada sesi pemanasan MotoGP Qatar 2017. (Foto-MotoGP)

Posisi kedua untuk sesi pemanasan MotoGP Qatar 2017 ditempati Andrea Dovizioso, yang sempat memimpin di posisi teratas, sebelum kemudian digusur oleh Marquez dengan keunggulan 0,189 detik. Rookie Yamaha Tech 3, Johann Zarco, tampil impresif dengan merebut posisi ketiga. Ia mengungguli Aleix Espargaro dan Alvaro Bautista. Pembalap anyar Yamaha, Maverick Vinales, hanya mampu menempati posisi keenam dengan selisih 0,357 detik dari Marquez.

Rekan setim Zarco, Jonas Folger, berada di posisi ketujuh. Lalu, Andrea Iannone menempati posisi kesembilan, di depan Jorge Lorenzo. Pembalap anyar Ducati ini memanfaatkan sesi WUP untuk mencari kompon ban tepat jelang balapan dini hari nanti.

Valentino Rossi (Yamaha Factory Racing) memberi kode kepada Silvano Galbusera. (Foto-MotoGP)

Nah buat Valentino Rossi, tampaknya masih kesulitan menemukan set-up tepat pada motor YZR-M1 geberannya. The Doctor berada di posisi ke-13, tepat di depan Dani Pedrosa.

Hal itu terlihat dari sebuah cuplikan rekaman di akun twitter resmi MotoGP. Pembalap 38 tahun itu sepertinya merasa tidak puas dengan setelan motornya dan tiba di garasi pit tim Yamaha Factory Racing dengan menggeleng-gelengkan kepalanya sambil menunjuk sesuatu.

Kepala mekanik Rossi, Silvano Galbusera yang menyambut kedatangan The Doctor, tampak paham dengan kode yang dimaksud pembalapnya itu. Bagaimana ini The Doctor, apakah ini pertanda sesuatu yang kurang bagus untuk balapan nanti saat ia bakal start dari posisi ke-10? Satu yang perlu dicatat, kemenangan Rossi di MotoGP Qatar dua tahun lalu (2015 bersama Yamaha), dicapainya usai start dari urutan ke-8.

Berikut hasil lengkap sesi pemanasan MotoGP Qatar 2017:

Hasil catatan waktu sesi pemanasan MotoGP Qatar 2017. (Foto-Crash.net)

(sbn)

Check Also

Lorenzo Belum Sebanding dengan Dovizioso

DOHA – Jorge Lorenzo meraih hasil buruk pada debut kompetitifnya dengan tim Ducati. Pembalap kebangsaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *