Linux
Posted By doko

Sedikit pemahaman tentang docker


Mungkin dari kalian sudah pernah atau bahkan tidak asing lagi dengan yang namanya docker. Nah kali ini saya akan sedikit menjelaskan tentang apa itu docker, kelebihan dan bagaimana implementasinya.

Docker container

Menurut Wiki, Docker adalah program komputer virtualisasi level OS yang mana biasa kita kenal dengan containerisasi. yup, pada dasarnya docker adalah salah satu ( bukan satu-satunya ) yang berfungsi untuk mengelola container ( virtualisasi level OS ).

Lalu apa saja kelebihan Docker

  • Isolasi, karena aplikasi kalian berada dalam OS yang berbeda, namun masih berjalan di atas kernel yang sama, hal ini membuat aplikasi kalian lebih rapi, karena tidak tergabung dalam OS induk.
  • Kontrol Versi, dengan fitur ini kalian bisa dipastikan lebih mudah membuat versioning di aplikasi kalian.
  • Mampu melakukan Continous Delivery dan Continous Integration. dengan menggunakan docker bisa dipastikan CD/CI akan lebih mudah.
  • keamanan, karena aplikasi kalian berada di OS yang terpisah hal ini membuat OS induk tidak terekspose.

Dalam 3 tahun terakhir ini banyak perusahaan-perusahaan besar yang mulai beralih menggunakan docker, ada yang secara keseluruhan dan ada juga yang secara partial. Jadi tidak ada alasan lagi untuk kita untuk tidak mempelajari software yang satu ini.

Lalu bagaimana cara penggunaannya

Secara pribadi mempelajari docker tidak terlalu sulit untuk saya. karena pada dasarnya perintah yang digunakan hampir mirip dengan perintah-perintah yang ada di linux OS. Dan sebagai media belajar, blog ini juga saya bangun diatas docker. Mungkin lain kali saya akan jelaskan tentang bagaimana cara membangun wordpress di atas docker.

Seperti yang kita ketahui hampir semua aplikasi yang ada di linux selalu di lampirkan manual usage nya. untuk menampilkan bantuan kalian ketikkan :

docker help

Di docker sudah disediakan jutaan image yang sudah siap untuk di gunakan. untuk mencari image yang kalian butuhkan kalian bisa ketik :

docker search nginx

untuk mengunduh image yang kalian butuhkan kalian bisa ketik perintah berikut :

docker pull nginx

selanjutnya kalian ingin menjalankan secara interaktif, dengan perintah :

docker run -it nginx bash

atau jika kalian ingin menjalankan container di daemon/background :

docker run -d -p 80:80 nginx

dengan tutorial diatas kalian sudah menjalankan 1 service web. dan bisa kalian coba akses localhost kalian di browser.

hal tersebut bisa kalian ulangi untuk menjalankan aplikasi lain, misal, apache, mysql, redis, postgresql dan masih banyak lagi.

cukup sekian yang bisa saya jelaskan kali ini. Jika ada yang ingin di tanyakan kalian bisa tulis komentar di bawah.


Doko - adalah orang biasa yang belajar dan bekerja sebagai System Administrator. belajar menjadi penulis blog dan mempunyai hobby bermain beberapa game pc dan mobile.

View Comments
There are currently no comments.