Home / Tech / Saya Belum Aman dan Saya Sadar Rossi Sangat Berbahaya

Saya Belum Aman dan Saya Sadar Rossi Sangat Berbahaya

Wawancara Marc Marquez

Selasa, 28 Juni 2016 − 16:35 WIB

ASSEN – Marc Marquez mengakui jika kunci suksesnya tetap memimpin klasemen Kejuaraan Dunia MotoGP 2016 hingga seri ke-8 berkat pengendalian diri. Karena dirinya mampu mengontrol kecepatan motor saat balapan hujan dan lintasan basah yang mengguyur Sirkuit Assen, Minggu (26/6) malam WIB.

Ya, Marquez bisa finis di peringkat kedua di bawah Jack Miller, yang secara mengejutkan memenangkan balapan pertamanya di kelas MotoGP. Penampilan pembalap Spanyol bernomor 93 itu jauh lebih baik ketimbang Lorenzo yang terdampar di peringkat ke-10, atau Rossi yang justru tergelincir sejak lap ke-15 atau tiga lap setelah race dilanjutkan pasca ditunda akibat hujan deras.

Dalam balapan tersebut, sebanyak banyak joki terjatuh akibat trek Assen yang berubah jadi sangat licin. Selain Rossi ada Andrea Iannone, Dani Pedrosa, Andrea Dovizioso, Cal Crutchlow, Yonny Hernandez, Danilo Petrucci, Aleix Espargaro, Michele Pirro dan Alvaro Bautista sempat mencium aspal. Untuk Iannone, crash-nya pada lap ke-14 akhirnya ditangguhkan Race Direction karena dianggap memang kesulitan balapan di tengah cuaca buruk.

Dan akhirnya, balapan berakhir dengan menunjuk Miller sebagai pemenang. Marquez bertahan di posisi kedua, sedangkan tempat ketiga diisi Scott Redding. Marquez mengatakan, ia terlecut untuk bertahan di Sirkuit Assen yang berubah jadi ‘Neraka’ untuk para pembalap usai mengetahui Rossi terjatuh. Pasalnya ketika itu cuma The Doctor yang berpotensi memenangkan balapan, setelah Lorenzo memang diketahui sudah tertinggal jauh di belakang.

Menurutnya Marquez, meski tak meraih podium teratas di Assen, dia merasa sudah memenangkan balapan. Karena tambahan poin yang dia dapat di Assen membuatnya kukuh di puncak klasemen sementara pembalap MotoGP.

Setelah sempat libur tiga pekan dari GP Catalunya (5/6) ke GP Assen (26/6). Kini, sirkus MotoGP kembali menjalani masa liburan musim panas. Dan baru akan kembali bertarung pada seri ke-9 atau penanda paruh musim ini di GP Jerman, Sirkuit Sachsenring, 17 Juli mendatang.

Dalam sebuah wawancara khusus dengan GPone pasca balapan Assen, Marquez buka suara soal persaingannya dengan Lorenzo dan Rossi jelang paruh musim 2016.

Tanya: Race defensif Anda kali ini berujung 20 poin. Apakah ini karena mentalitas Anda?

Jawab: “Tim saya mengulang sekitar 40 kali arahan pada pagi sebelum balapan: ‘Jika balapan hujan, tolong berkonsentrasi untuk mengakhiri balapan.’ Pada situasi seperti ini, Anda dapat menghasilkan banyak poin atau kehilangan hal serupa. Saya berpikir untuk hanya berkonsentrasi pada diri sendiri. Saya tidak menghkhawatirkan apa yang pembalap lain lakukan.”

Tanya: Apakah itu termasuk ketika Jack Miller melewati Anda?

Jawab: “Valentino telah mengalami kecelakaan saat itu ketika saya melihat Jack sudah berada tepat di belakang saya dan saya berkata di dalam hati: ‘Ayo terus (Jack) dan menangkan (balapan ini), 20 poin bagi saya sudah cukup. Karena angka ini akan sangat penting dan menentukan pada akhir musim nanti.”

Tanya: Mengapa banyak pembalap yang mudah terjatuh di balapan Assen?

Jawab: “Pada sesi kedua balapan hanya berlangsung 12 putaran dan setelah start kedua, banyak pembalap yang langsung memacu motornya hingga batas maksimal. Itulah penyebab mereka terjatuh. Juga karena ban belakang memiliki daya lekat yang bagus dan itu malah membuat dorongan tambahan ke bagian depan depan motor.”

Tanya: Atas hasil balapan Assen, apakah boleh dikatakan saat ini Anda sudah setengah jalan untuk merebut gelar juara dunia MotoGP 2016?

Jawab: “Tentu saja tidak. Sekarang saya bahkan tidak memiliki keunggulan (poin) satu balapan atas Lorenzo. Dia cuma tertinggal 24 poin dari saya.”

Tanya: Tapi bagaimana dengan keunggulan 42 poin Anda dari Rossi?

Jawab: “Ini selisih yang cukup bagus, khususnya dari seorang Valentino. Dia membalap dengan hebat dan saya menyadari dirinya bakal sangat berbahaya.”

(sbn)

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘Small-Leaderboard-468×60’); });

Check Also

Kocak, saat Jokowi Ditanya Netizen Soal Hokage Ke-8 ‘Naruto’

JAKARTA – Akun Youtube Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengunggah video yang menjawab pertanyaan dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *