Tech
Posted By doko

Rossi Apes, Lorenzo Beruntung


Grand Prix Italia 2016

Senin, 23 Mei 2016 − 14:28 WIB<meta itemprop="description" content="Meski YZR-M1 tiba-tiba ngadat di Sirkuit Mugello, Jorge Lorenzo bisa memenangkan balapan sementara tidak bagi Valentino Rossi.”>

MUGELLO – Dua pembalap Yamaha menelan hasil berbeda di Grand Prix Italia. Meski YZR-M1 tiba-tiba ngadat di Sirkuit Mugello, Minggu (22/5/2016), Jorge Lorenzo sebagai pemenang balapan mengaku sedikit lebih beruntung ketimbang nasib yang menimpa Valentino Rossi.

Drama di atas lintasan terjadi dalam seri keenam MotoGP tadi malam. Di awali dari insiden Rossi, pembalap tuan rumah gagal menyelesaikan balapan akibat motornya bermasalah di lap kesembilan.

Ketika tengah bersaing ketat dengan Lorenzo memperebutkan posisi pertama, Rossi selaku pole seater tiba-tiba saja melambat. Usut punya usut, motornya mengalami masalah dan tak lama kemudian terlihat kuda besinya mengepulkan asap tebal.

Sejak lap kesembilan, Lorenzo pun tak terbendung melesat sendirian di depan. Sempat dapat gangguan dari Marc Marquez, juara bertahan MotoGP itu bisa memastikan kemenangan jelang garis finis.

Setelah balapan, kegagalan Rossi jadi hal yang paling mengejutkan mengingat motor Yamaha sangat jarang mengalami masalah ketika balapan. “Yang satu ini sangat sulit sebab semenjak di Misano musim 2007, motor saya tidak pernah rusak ketika balapan. Sembilan tahun,” ungkap Rossi dikutip Crash.

Tanda-tanda YZR-M1 sedikit bermasalah sejatinya sudah terlihat sejak pemanasan atau dua jam sebelum race berlangsung. Ketika itu, tunggangan Lorenzo juga bermasalah serupa yakni terlihat mengeluarkan asap.

Rossi sejatinya sempat kepikiran atas masalah yang menimpa Lorenzo di sesi pemanasan. Namun The Doctor mengaku tidak punya banyak waktu untuk membongkar mesin dan akhirnya nasib sial ia telan ketika balapan.

Beda halnya dengan Lorenzo, pembalap Spanyol yang menasbihkan juara lima kali di Mugello mengaku beruntung masalah mesin justru menimpanya di sesi pemanasan. Tak butuh waktu lama ia langsung mengganti mesin dan akhirnya bisa memenangkan balapan.

“Setidaknya saya meninggalkan garasi dengan mesin baru dan berpikir pasti mesin tersebut akan lebih sulit mengalami masalah. Kami sangat beruntung mengalami kerusakan di sesi pemanasan dan tidak ketika balapan. Sebaliknya, Rossi sangat kurang beruntung dan kehilangan banyak poin atas nasib buruknya,” ucap Lorenzo dikutip Marca.

Hasil Grand Prix Italia makin menjauhkan posisi Rossi dengan Lorenzo di klasemen pembalap. Untuk sementara pembalap Italia tertinggal 37 poin dari sang rival yang nyaman di puncak klasemen dengan poin 115.

(bbk)

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘Small-Leaderboard-468×60’); });

View Comments
There are currently no comments.