Home / Tech / Ratusan Pelajar Saksikan Gerhana Matahari di Perairan Bangka Balitung

Ratusan Pelajar Saksikan Gerhana Matahari di Perairan Bangka Balitung

JAKARTA – Gerhana Matahari Total (GMT) menjadi momen yang paling ditunggu masyarakat saat ini. Selain karena momen langka, masyarakat Indonesia sudah punya pemahaman bahwa gerhana matahari bukan hal menakutkan, melainkan fenomena alam yang jarang terjadi.

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) menggelar ekspedisi untuk menyaksikan gerhana matahari total (GMT) dari perairan Bangka Balitung. Acara tersebut dikemas dalam tema Ekspedisi GMT 2016.

Ekspedisi ini melibatkan 1.125 orang, yang sebagiannya dari kalangan pelajar dari Jabodetabek. Selain itu, ilmuwan dan media juga turut serta dalam ekspedisi ini.

Salah satunya Dwiko, mahasiswa Sekolah Pariwisata Trisakti. Dia mengaku sudah tak sabar ingin menyaksikan peristiwa yang pernah terjadi di Indonesia pada 1983.

“Ini mungkin menjadi pengalaman saya sekali dalam seumur hidup,” kata mahasiswa semester 4 ini di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (8/3/2016).

Untuk mengikuti ekspedisi ini, Dwiko banyak membaca artikel-artikel yang mengupas gerhana matahari total. Dia juga sudah menyiapkan kacamata, termasuk kamera untuk mengabadikan perjalanannya selama mengikuti ekspedisi GMT.

Para peserta ekspedisi akan berangkat ke perairan Bangka Belitung pagi ini menggunakan Kapal Kelut milik PT Pelni. Peserta ekspedisi akan dilepas oleh Menko Maritim Rizal Ramli.

Check Also

Kocak, saat Jokowi Ditanya Netizen Soal Hokage Ke-8 ‘Naruto’

JAKARTA – Akun Youtube Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengunggah video yang menjawab pertanyaan dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *