Tech
Posted By doko

Preview GP Prancis: Sirkus MotoGP Uji Keangkeran Sirkuit Le Mans


MotoGP 2016

Minggu, 8 Mei 2016 − 13:27 WIB

MAINE – Sirkuit Le Mans akan menguji kemampuan sirkus MotoGP setelah mereka tampil konsisten di empat balapan terakhir. Bahkan lintasan yang memilki panjang 4.273 km itu disinyalir bakal merepotkan pembalap pada balapan seri kelima tahun ini, Minggu (8/5/2016).

Tidak hanya akselerasi dan kecepatan motor saja yang harus diperhatian pembalap. Kondisi cuaca menjadi fokus mereka pada balapan kali ini. Sebab kondisi cuaca di Sirkuit Le Mans terkadang tidak menentu (hujan dan angin kencang).

Itulah yang membuat balapan seri kelima ini disinyalir bakal berlangsung menarik. Permasalahan lain yang harus diperhatikan pembalap adalah masalah ban Michelin. Pemasok ban MotoGP itu diketahui telah mengalokasikan tiga senyawa yakni lunak, menengah, dan keras.

Singkat kata, sejauh ini baru ada empat pembalap masih aktif yang berhasil mengoleksi kemenangan di Sirkuit Le Mans. Jorge Lorenzo, Valentino Rossi, Dani Pedrosa dan Marc Marquez. Dari keempat pembalap tersebut baru X-Fuera yang lebih banyak merasakan podium pertama.

Lorenzo diketahui sudah mengantongi lima kemenangan di dua kelas berbeda (125cc dan kelas utama), dan ia juga merupakan juara bertahan di lintasan yang memilki panjang 4.273 km tersebut. Peluang kekasih Nuria Tomas melanjutkan tren positif di Sirkuit Le Mans masih terbuka setelah ia merebut pole position untuk kali pertama usai mencatatkan waktu tercepat 1 menit 31.975 detik di kualifikasi.

Tapi berbicara konsistensi Lorenzo masih kalah dengan Marquez. Dari empat balapan terakhir, joki Honda tak pernah kehilangan momentum untuk berdiri di podium dan dua diantaranya berhasil dimenangkannya. Permasalahan inilah yang harus diwaspadai pemilik nomor 99 jika ia ingin merebut podium pertama di Le Mans.

Apalagi Marquez menempel Lorenzo di posisi kedua dan ia punya kemampuan dalam berakselerasi di lintasan untuk menyalip pembalap di depannya. Tak hanya Marquez yang bisa memberikan ancaman. Andrea Iannone dan Valentino Rossi juga patut diwaspadai.

Iannone sangat berambisi untuk mencetak kemenangan perdananya di musim ini. Sedangkan Rossi tak ingin keberhasilannya merebut podium pertama di Jerez terhenti di balapan kali ini.

“Kami harus menunggu sampai pemanasan dan mencari tahu masalah dan memperbaikinya. Tetapi jelas, ketika Anda berada di baris ketiga, podium sudah merupakan target yang wajar,” jelas Rossi.

Kita lihat saja siapa yang akan juara di Le Mans, nanti malam?

Baca juga:

Fakta Keangkeran Sirkuit Le Mans


Pedrosa Bikin Susah Rossi

Lorenzo Kompetitif di Kualifikasi

(bep)

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘Small-Leaderboard-468×60’); });

View Comments
There are currently no comments.