Home / Tech / Pendiri Website Ingin Facebook dan Google Perangi ‘Fake News’

Pendiri Website Ingin Facebook dan Google Perangi ‘Fake News’

WASHINGTON DC – Tim Berners-Lee, pendiri Web Foundation dan penemu world wide web (www) telah mem-posting hal-hal yang harus dilakukan untuk memastikan website memenuhi visinya untuk platform yang berguna bagi umat manusia.

Menurut ZDNet, Senin (13/3/2017), menandai 28 tahun sejak Berners-Lee menyerahkan proposal aslinya mengenai www, dia mengungkapkan kekhawatirannya dalam tiga tren yang bisa menghalangi situs untuk memenuhi potensi sejatinya sebagai alat untuk memenuhi semua kebutuhan manusia. Semuanya dimulai dengan memerangi berita palsu.

“Terlalu mudah untuk menyebarkan berita palsu di situs,” tulisnya. “Melalui penggunaan ilmu data dan pasukan bots, mereka dengan niat buruk bisa bermain dengan sistem untuk menyebarkan informasi keliru untuk uang atau politik.”

Seperti diketahui, seseorang bisa dengan mudah mendapatkan berita atau informasi keliru dari media sosial atau mesin pencari. Platformplatform tersebut memberikan “jawaban” atas pencarian melalui algoritma yang belajar dari data personal yang secara konstan dipanen.

Berners-Lee ingin memberdayakan “Data gatekeeper” seperti Google dan Facebook untuk memerangi masalah ini, sementara juga menghindari penciptaan setiap badan pusat yang mewajibkan apa yang benar atau tidak.

“Kita harus melawan pemerintah yang terlalu ikut campur dalam undang-undang pengawasan, termasuk melalui pengadilan jika diperlukan,” katanya. “Kita perlu lebih algoritmik transparan untuk memahami keputusan betapa penting yang memengaruhi kehidupan yang kita sedang jalani dan mungkin seperangkat prinsip umum yang harus diikuti,” demikian menurut Berners-Lee.

Check Also

Kocak, saat Jokowi Ditanya Netizen Soal Hokage Ke-8 ‘Naruto’

JAKARTA – Akun Youtube Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengunggah video yang menjawab pertanyaan dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *