Home / Tech / Otak Beku Ketika Makan Es Krim, Ini Sebabnya

Otak Beku Ketika Makan Es Krim, Ini Sebabnya

Jika kamu pernah mengalami “otak beku” (brain freeze) atau merasa pusing ketika makan es krim, ini penyebabnya.

Tak ada yang menyangsikan betapa nikmatnya makan es krim nan lembut, dingin, dan creamy. Terutama, saat matahari sedang bersinar dengan teriknya. Ketika sedang makan es krim (atau makanan/minuman dingin lain) pernahkah tiba-tiba kepala terasa sakit atau “membeku”? Jika iya, bukan kamu satu-satunya orang yang mengalami. Dan untungnya, sensasi otak beku dengan nama ilmiah sphenopalatine ganglioneuralgia ini bisa dijabarkan secara ilmiah.

Otak Beku Ketika Makan Es Krim Ini Sebabnya - alodokterOtak Beku Ketika Makan Es Krim Ini Sebabnya - alodokter

Meski sebutannya “otak beku”, tidak ada yang benar-benar terjadi di dalam jaringan massa otak ketika sensasi dingin melanda. Sensasi tersebut justru terjadi dalam pembuluh darah. Ketika minum atau makan, cairan atau makanan menyentuh langit-langit mulut sebelum akhirnya ditelan. Ketika sesuatu yang sangat dingin seperti es krim menyentuh bagian tengah langit-langit mulut, suhu dingin dapat memengaruhi saraf tertentu yang mengontrol refleks dinding pembuluh darah arteri serebral anterior. Refleks melebarkan atau mempersempit pembuluh bekerja bila terkena rangsang perbedaan suhu di rongga mulut. Ketika makan atau cairan dingin menyentuh bagian tengah langit-langit mulut, saraf pun merespons dan memicu pembuluh darah di kepala melebar. Ini menyebabkan adanya lonjakan aliran darah di area pembuluh tersebut. Pembesaran yang cepat dan tiba-tiba ini lah yang menyebabkan kepala terasa sakit, membeku, atau nyut-nyutan.

Menurut satu peneliti, tengkorak memiliki struktur tertutup. Meningkatnya aliran darah secara tiba-bisa dapat meningkatkan tekanan di dalam tengkorak dan menyebabkan rasa sakit yang terkait dengan “otak beku” atau sakit kepala lainnya. Para peneliti mengatakan, perubahan cepat dalam aliran darah, atau peristiwa “otak beku”, bisa saja merupakan mekanisme bertahan hidup alami pada manusia, yaitu untuk memastikan otak tetap hangat.

Dan ternyata, bukan hanya es krim saja yang membuat otak jadi membeku. Makanan atau minuman apa pun yang sangat dingin (soda, air es, jus) juga dapat membuat pembuluh darah membesar.

Untungnya, “otak beku” atau sakit kepala akibat makan es krim bisa disembuhkan tanpa membutuhkan pengobatan medis yang rumit. Otak beku biasanya bisa hilang dengan cepat (antara 30-60 detik) setelah makanan atau minuman dingin yang ada di dalam mulut ditelan. Atau kamu juga bisa melakukan beberapa langkah mudah berikut ini:

  • Sentuhkan lidah ke langit-langit mulut untuk menghangatkan bagian tersebut. Langkah ini diduga meringankan lonjakan aliran darah ke kepala.
  • Minum air hangat. Sesap air hangat secara perlahan dan tahan sebentar di sekitar mulut untuk menghangatkan langit-langit mulut.
  • Tutup mulut dan hidung dengan kedua telapak tangan, lalu ambil dan hembuskan napas ke telapak Hal ini dilakukan untuk menahan napas yang hangat tetap berada di tangan dan meningkatkan suhu di dalam mulut.
  • Tempelkan ibu jari ke langit-langit mulut. Ketika “otak beku” terjadi, suhu tubuh jauh lebih tinggi daripada suhu di dalam mulut. Tapi, pastikan ibu jari Anda bersih dengan mencucinya terlebih dahulu.

Kalau kamu tidak ingin otak menjadi beku, disarankan untuk makan es krim atau minuman dingin lainnya dengan pelan-pelan.

googletag.cmd.push(function(){googletag.display(“div-gpt-ad-1450067495602-0”);});

Check Also

Kocak, saat Jokowi Ditanya Netizen Soal Hokage Ke-8 ‘Naruto’

JAKARTA – Akun Youtube Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengunggah video yang menjawab pertanyaan dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *