Home / Sports / Menko PMK Yakin Pembangunan Venue Asian Games Berakhir Sesuai Jadwal

Menko PMK Yakin Pembangunan Venue Asian Games Berakhir Sesuai Jadwal

Asian Games 2018

JAKARTA – Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla melakukan peninjauan terhadap sejumlah venue Asian Games di Jakarta. Kegiatan yang dilakukan pada Minggu (26/3/2017) ini juga melibatkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Men PUPR) Basuki Hadimulyono, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, Plt Gubernur DKI Jakarta Soemarsono serta Erick Tohir selaku Presiden INASGOC.

Dalam kesempatan ini, Menko PMK mengaku optimistis jalannya pembangunan bakal selesai tepat pada waktunya. Ia meminta seluruh lapisan masyarakat ikut menyukseskan event Asian Games 2018.

“Kunjungan hari ini guna memastikan kembali bahwa persiapan Asian Games benar-benar sesuai rencana. Pemerintah membutuhkan dukungan dan kerja sama seluruh pihak untuk menyukseskan Asian Games dan yang terpenting seluruh prosesnya dilakukan transparan dan akuntabel,” ucap Puan Maharani.

Dalam kegiatan ini, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) menjadi venue pertama yang ditinjau. Stadion terbesar di Indonesia ini rencananya akan digunakan sebagai tempat menggelar upacara pembukaan serta penutupan Asian Games 2018. Selain itu ada sejumlah pertandingan yang digelar di sini. Untuk sementara proses renovasi stadion sudah berjalan sekitar 33,7%.

Selanjutnya rombongan bergerak menuju Jakarta International Velodrome (JIV). Arena JIV nantinya akan dipergunakan untuk pertandingan sepeda dengan panjang trek 250 M (standar olimpiade) dan 100 M trek untuk pemanasan. Kapasitias penonton nantinya akan mencapai 3.000 orang dengan komposisi tribun biasa, VIP dan VVIP. Adapun progress pembangunannya saat ini mencapai 23,29%.

Tak hanya itu, Wapres dan rombongan juga mengecek kesiapan arena pacuan kuda di Pulo Mas. Untuk arena pacuan kuda, progres pembangunan telah mencapai 21,3%.

Selesai di Velodrome dan arena pacuan kuda, rombongan langsung meninjau Wisma atlet Kemayoran. Rata-rata progres pembangunan wisma atlet telah mencapai kisaran 60%-70% dari rencana dan dapat dipastikan bahwa pada Oktober 2017 pembangunan telah rampung 100%. (Baca juga: Wapres Bangga, Wisma Atlet Asian Games 2018 Lebih Baik dari Olimpiade Rio)

“Progres pembangunan wisma atlet untuk Asian Games 2018 saya rasa lebih bagus daripada Olimpic Village Rio pada tahun 2016 lalu,” ujar Wapres. Akhir tahun ini sudah bisa selesai seluruhnya. Sebelum itu, akan diuji huni lebih dahulu. Sekitar Oktober 2017,” tambahnya.

(bep)

Check Also

Lorenzo Belum Sebanding dengan Dovizioso

DOHA – Jorge Lorenzo meraih hasil buruk pada debut kompetitifnya dengan tim Ducati. Pembalap kebangsaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *