Home / Health / Masih Bingung dengan Cara Menidurkan Bayi, Cari Tahu di Sini

Masih Bingung dengan Cara Menidurkan Bayi, Cari Tahu di Sini

Bayi yang baru lahir memerlukan tidur selama 18 jam dalam sehari. Sebaliknya, ibu juga perlu cukup tidur untuk menjaga kesehatan diri sendiri.Kondisi bayi susah tidur bisa berdampak kepadakesehatan ibu maupun kesehatan bayi sendiri.

Sayangnya, bayi belum dapat membedakan siang dan malam. Mereka juga belum mengerti bahwa malam hari adalah waktu untuk tidur sehingga bayi cenderung tidak mengikuti siklus waktu normal.

cara menidurkan bayi - alodoktercara menidurkan bayi - alodokter

Di bawah ini adalah cara menidurkan bayi yang dapat Anda terapkan:

Membuat jadwal tidur dan membatasi asupan makan

Anda disarankan untuk membuat jadwal tidur bayi. Lakukan persiapan secara rutin agar bayi mengerti bahwa waktu tidur segera tiba. Persiapan itu misalnya makan malam, mandi dengan air hangat agar tubuh lebih nyaman, pijat, memakai pakaian khusus untuk tidur, atau mendengarkan cerita. Setelah Anda terbiasa melakukan hal-hal rutin seperti ini, bayi pun lambat laun akan memahami jadwal tidurnya.

Selain itu, jangan lupa memberi makan bayi sebelum jam tidur tiba. Yang perlu diingat adalah hindari memberi makan secara berlebihan. Tujuan memberi makan sebelum tidur adalah agar tidur bayi tidak terganggu oleh rasa lapar. Sebaliknya, apabila pemberian makannya berlebihan, maka justru akan membuatnya merasa tidak nyaman saat tidur.

Pijat singkat

Pijatan dapat membuat bayi merasa nyaman dan santai. Pijatlah bagian lengan, kaki, tangan, dan perut sebelum tidur. Jangan lupa, beri juga pijatan lembut pada wajahnya. Tidak perlu terlalu lama, cukup 10-15 menit saja. Anda juga bisa menggunakan minyak bayi sebagai minyak pijat.

Berikan pakaian yang nyaman

Bila Anda menginginkan cara menidurkan bayi yang baik, jangan lupa memberinya pakaian dari bahan yang nyaman untuk menjadikan bayi tidur lebih cepat. Pakaikan juga popok yang mudah menyerap cairan untuk mengantisipasi apabila bayi pipis. Dengan begitu, sepanjang tidur pun bayi akan tetap tenang dan tidurnya tidak terganggu.

Bawa bayi ke tempat tidur dan pastikan posisi tidur bayi aman

Perhatikan tanda-tanda bayi mengantuk, seperti menguap, menggosok-gosok mata, dan mata berat. Meski bayi masih terjaga, tetapi sudah ada tanda-tanda mengantuk, segeralah bawa dia ke tempat tidur. Biarkan bayi menenangkan dirinya sendiri sampai benar-benar tertidur.Yang perlu diingat, jangan lama-lama berkontak mata dengannya karena akan membuatnya terstimulasi untuk berinteraksi lagi dengan Anda.

Posisikan bayi tidur dengan punggung berada di kasur. Posisi ini adalah yang teraman. Hindari bayi tidur tengkurap atau bertopang pada perut karena bisa terkena sindrom kematian mendadak. Setelah itu usap-usaplah kepala atau anggota tubuhnya yang lain agar bayi tahu bahwa Anda berada di dekatnya sehingga dia lebih tenang.

Perhatikan penerangan kamar

Usahakan untuk selalu membuat kamar dalam keadaan redup. Cahaya dapat berdampak kepada irama sirkadian tubuh, yaitu siklus kita untuk tidur dan bangun secara alami. Kamar yang gelap juga berpengaruh terhadap produksi melatonin, yaitu hormon yang bertugas membantu siklus tidur.

Hindari mengayun bayi

Jika bayi sudah berusia empat bulan, hindari menidurkannya dengan cara mengayun. Saat dia terlihat mengantuk, baringkan dia ke tempat tidur.

Cara menidurkan bayi yang utama adalah menciptakan rutinitas yang sama di tiap malam. Dengan demikian, bayi lebih mudah tidur, Anda pun bisa cukup istirahat. Bila Anda disiplin menerapkannya, bayi pun lambat laun akan memahami bahwa malam hari adalah waktunya untuk tidur.

googletag.cmd.push(function(){googletag.display(“div-gpt-ad-1450067495602-0”);});

Check Also

mengatasi batuk parah

Mengatasi Batuk Parah menggunakan Kurma Dan Susu

Mengatasi Batuk Parah menggunakan Kurma Dan Susu – Tak hanya dikonsumsi saat berbuka puasa, buah kurma …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *