Home / Health / Manfaat Ketan Hitam Bagi Kesehatan Tidak Sekelam Warnanya

Manfaat Ketan Hitam Bagi Kesehatan Tidak Sekelam Warnanya

Manfaat ketan hitam untuk kesehatan manusia telah lama menjadi buah bibir. Dugaan yang selama ini dipegang teguh adalah ketan hitam dapat diandalkan dalam menjaga kesehatan ginjal, lambung, dan hati.

Warna hitam pada ketan hitam adalah pertanda bahwa bahan ini mengandung antosianin dalam jumlah yang melimpah. Antosianin sendiri dianggap sebagai salah satu jenis antioksidan yang keberadaannya dibutuhkan demi menangkal peredaran radikal bebas berlebih di dalam tubuh.

manfaat ketan hitam bagi kesehatan tidak sekelam warnanya - alodoktermanfaat ketan hitam bagi kesehatan tidak sekelam warnanya - alodokter

Ketan hitam juga kaya akan kandungan zat besi dan vitamin E. Selain itu, ketan hitam juga kaya akan serat.

Ketan Hitam Baik untuk Menunjang Imunitas

Salah satu manfaat ketan hitam bagi kesehatan adalah efeknya dalam membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia. Bahkan, menurut riset sebuah universitas, ketan hitam memiliki kemampuan lebih baik dibandingkan beras cokelat untuk hal ini.

Kemampuan ketan hitam tersebut mungkin saja terkait dengan tingginya vitamin E di dalamnya. Selain memperkuat sistem kekebalan tubuh, tingginya vitamin E juga menjadikan tubuh lebih mampu melindungi sel dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Hal ini juga mungkin terkait dengan tingginya kandungan antosianin dalam ketan hitam. Bahkan, kandungan salah satu jenis antioksidan ini dianggap lebih banyak dibandingkan yang dimiliki bluberi.

Mampu Melawan Kanker dan Penyakit Jantung

Ternyata manfaat ketan hitam juga dianggap bisa digunakan untuk membantu melawan kanker dan penyakit jantung. Terkait manfaat tersebut, seorang ahli mengatakan, dalam hal ini, kandungan antosianin yang berperan penting. Mengingat manfaatnya tersebut, tidak ada salahnya jika mulai dari sekarang rutin mengonsumsi ketan hitam, bukan?

Antioksidan juga diprediksi berperan dalam mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL. Dengan begitu, hal ini dapat turut berkontribusi dalam upaya melawan penyakit jantung.

Pewarna Alami Makanan

Ternyata warna ketan hitam, terutama di dalam dedaknya, bisa menghasilkan aneka warna, mulai dari merah muda hingga hitam. Hal inilah yang berpotensi menjadikan ketan hitam bisa digunakan sebagai pewarna makanan alami.

Memakai pewarna makanan dari ketan hitam berpotensi menghasilkan efek baik bagi kesehatan tubuh sebab metode ini menggunakan bahan alami. Di samping itu, cara ini juga dapat membantu mengurangi efek buruk pemakaian pewarna buatan. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi makanan atau minuman dengan pewarna buatan terkait dengan peningkatan risiko kanker, perilaku buruk pada anak-anak, dan masalah negatif kesehatan lainnya.

Tentu saja aneka manfaat ketan hitam masih membutuhkan pembuktian lebih lanjut agar bisa mengetahuinya secara jelas. Namun, tidak ada salahnya memasukkan ketan hitam ke dalam diet sehat sehari-hari mengingat berbagai kandungan zat-zat yang bermanfaat di dalamnya.

googletag.cmd.push(function(){googletag.display(“div-gpt-ad-1450067495602-0”);});

Check Also

Apa Sajakah Tanda Dari Herpes Genital yang Perlu Kita Waspadai?

Apa Sajakah Tanda Dari Herpes Genital yang Perlu Kita Waspadai? – Salah satu penyakit infeksi menular …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *