Home / Health / Manfaat Asam Jawa Tidak Seasam Rasanya

Manfaat Asam Jawa Tidak Seasam Rasanya

Tak hanya enak dijadikan bahan sayur asem dan jamu kunyit asam, asam jawa juga memiliki segudang khasiat untuk tubuh.

Asam jawa atau tamarind adalah tanaman yang berasa dari Afrika. Pohon asam jawa menghasilkan buah yang bisa dimakan dan sering kali digunakan sebagai bahan masakan dan racikan minuman di seluruh dunia. Selain dimakan, daging buah asam jawa juga suka digunakan untuk mengilapkan peralatan dari tembaga, kuningan, dan perunggu. Ternyata tidak hanya itu saja manfaat asam jawa. Tanaman yang satu ini diduga dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti:

Manfaat Asam Jawa Tidak Seasam Rasanya - alodokterManfaat Asam Jawa Tidak Seasam Rasanya - alodokter

Diabetes

Salah satu penelitian pada tikus menemukan bahwa ekstrak kulit pohon asam jawa diduga mampu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Penelitian ini juga  mengungkapkan jika ekstrak tersebut mampu berfungsi seperti antioksidan yang diduga membantu mencegah kerusakan ginjal pada penderita hiperglikemia atau gula darah tinggi.

Kolesterol

Beberapa penelitian mengklaim bahwa ekstrak asam jawa dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Namun, berbagai percobaan yang dilakukan terhadap hewan hamster dan ayam ternyata belum membuktikan khasiat asam jawa tersebut.

Sembelit atau susah buang air besar

Buah asam jawa diduga mengandung berbagai zat yang memiliki efek pencahar (laksatif) serta melawan jamur dan bakteri tertentu.

Mata kering

Ekstrak biji asam jawa diduga dapat digunakan sebagai obat tetes mata untuk meredakan gejala mata kering. Para peneliti menduga asam jawa mengandung bahan kimia yang mirip dengan mucin pada mata. Mucin adalah protein yang melapisi permukaan bola mata dan berfungsi  melindungi dan membasahi permukaan kornea mata.

Demam

Buah asam jawa sering kali digunakan untuk meredakan demam oleh suku-suku di Afrika. Caranya dengan menaruh daging asam jawa di dahi orang yang sedang demam.

Mencegah kerusakan tulang dan sendi

Orang India dan China diketahui meminum air asam jawa untuk membantu menyiram kelebihan fluoride di tubuh. Terlalu banyak fluoride dalam tubuh dapat menyebabkan fluorosis tulang yang mampu merusak tulang dan sendi.

Penyakit lain

Asam jawa juga diduga dapat mengatasi masalah pada hati dan kandung empedu, gangguan perut, pilek, mual saat hamil, anak cacingan, dan lain-lain.

Meski diduga memiliki khasiat terhadap kesehatan tubuh, asam jawa ternyata perlu diwaspadai agar tidak dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui karena keamanannya belum dipastikan. Asam jawa juga disarankan agar tidak dimakan oleh orang yang hendak dioperasi, minimal dua minggu sebelum tanggal operasi berlangsung. Asam jawa diduga dapat mengganggu kadar gula darah selama dan setelah operasi.

Setelah tahu berbagai manfaatnya, tak ada salahnya menikmati asam jawa dalam olahan masakan berikut ini.

Tahu Kari Panggang dengan Saus Asam Pedas

Bahan:

2 buah tahu besar, potong-potong

1 mangkuk sari asam jawa

10 buah kurma, cincang kasar

1 sdt parutan jahe

½ sdt jintan, haluskan

¼ sdt cabai

1 sdt bubuk kari

¼ sdt lada hitam

Garam secukupnya

1 sdt minyak

Cara membuat:

  1. Panaskan panggangan.
  2. Blender asam jawa, kurma, jahe, jintan, garam, dan cabai hingga halus untuk saus cocol.
  3. Lumuri tahu dengan minyak, bubuk kari, garam, dan lada hitam.
  4. Panggang tahu hingga seluruh bagian matang.
  5. Hidangkan tahu dengan saus cocol.

Meski asam jawa dinilai memiliki khasiat, namun berbagai pernyataan tersebut masih membutuhkan bukti dan penelitian lebih lanjut. Jika Anda sakit dan ingin mengonsumsi asam jawa, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda. Terutama jika asam jawa dikonsumsi bersamaan dengan obat medis.

googletag.cmd.push(function(){googletag.display(“div-gpt-ad-1450067495602-0”);});

Check Also

Apa Sajakah Tanda Dari Herpes Genital yang Perlu Kita Waspadai?

Apa Sajakah Tanda Dari Herpes Genital yang Perlu Kita Waspadai? – Salah satu penyakit infeksi menular …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *