Home / Health / Makanan Pengganti Nasi Sebagai Variasi Sumber Karbohidrat

Makanan Pengganti Nasi Sebagai Variasi Sumber Karbohidrat

Jika Anda bosan makan nasi setiap hari, empat pilihan makanan pengganti nasi berikut bisa menjadi bahan pertimbangan Anda.

Istilah “Belum makan namanya kalau belum makan nasi” atau “orang Indonesia belum afdol kalau belum makan nasi” mungkin terdengar akrab di telinga Anda. Sebagian besar masyarakat Indonesia memang diduga terbiasa mengonsumsi beras atau nasi sebagai makanan pokok sehari-hari. Namun, kini beberapa daerah di Indonesia sudah menggalakkan program sehari tanpa nasi. Caranya, mengganti beras dengan makanan berkarbohidrat lain. Dan ternyata, makanan pengganti nasi tersebut tidak kalah bergizi, bahkan ada yang lebih menyehatkan, terutama untuk penderita diabetes.

Makanan Pengganti Nasi Sebagai Variasi Sumber Karbohidrat - alodokterMakanan Pengganti Nasi Sebagai Variasi Sumber Karbohidrat - alodokter

Jagung

Di beberapa daerah di Indonesia, jagung bukanlah makanan asing. Nasi jagung bahkan sudah menjadi penganan sehari-hari pengganti nasi yang dikonsumsi secara turun-menurun. Dan tidak mengherankan jika mereka lebih memilih jagung daripada nasi.

Dalam 100 gram biji jagung terdapat 86 kalori dan berbagai jenis vitamin B seperti B1, B3, B5, dan B9 atau folat. Bahkan, kandungan vitamin B dalam jagung sudah memenuhi 10%-19% nilai harian yang harus dikonsumsi manusia. Selain itu, makanan pengganti nasi ini juga mengandung serat, magnesium, fosfor, dan vitamin C yang tentunya penting untuk tubuh.

Serat pada jagung dapat membantu Anda menurunkan kolesterol dan mengatasi susah buang air besar. Kandungan karbohidrat pada 100 gram jagung (74 gram) pun ternyata lebih sedikit jika dibandingkan dengan 100 gram beras putih (80 gram). Ini berarti, jagung bisa menjadi pilihan bagi Anda penderita diabetes karena kunci dalam menjaga keseimbangan gula darah adalah dengan memperhatikan asupan karbohidrat sehari-hari.

Kentang

Meski kentang dan nasi sama-sama termasuk makanan berkabohidrat, jumlah karbohidrat pada 100 gram kentang ternyata lebih sedikit (17,47 gram). Makanan pengganti nasi ini juga mengandung berbagai nutrisi penting lain seperti vitamin B6, B1, B3, dan B5, vitamin C, kalium, fosfor, mangan, magnesium, dan zat besi.

Jika ditilik dari berbagai kandungan nutrisi tersebut, kentang pastilah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kentang diduga dapat membangun dan menjaga kesehatan dan struktur tulang, menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung, mengurangi peradangan, dan mengobati insomnia. Selain itu, makanan pengganti nasi ini juga diduga mampu mencegah kanker dengan melindungi tubuh dari radikal bebas, mencegah konstipasi (susah buang air besar), menjaga berat badan, dan menjaga kelenturan kulit.

Singkong

Menurut data Food and Agriculture Organization Corporate Statistical Database (FAOSTAT), Indonesia adalah negara produsen singkong terbesar kedua di dunia pada tahun 2012. So, tidak lengkap rasanya jika tidak memasukkan singkong dalam daftar makanan pengganti nasi. Singkong diduga dapat mengobati dehidrasi, kelelahan, sepsis (infeksi darah), dan digunakan untuk menginduksi persalinan. Sayangnya, hal tersebut belum terbukti secara ilmiah.

Kandungan gizi pada singkong mirip dengan kentang. Namun, singkong mengandung zat kimia glikosida sianogen yang dapat melepaskan sianida dalam tubuh. Oleh karena itu, singkong harus dibersihkan dengan benar sebelum dimakan untuk mencegah keracunan sianida.

Ubi

Enak digoreng, direbus, dikukus, atau dijadikan makanan lain, ubi memang menjadi salah satu primadona masakan Indonesia. Dalam 100 gram ubi terkandung karbohidrat (20,1 gram). Selain itu, dalam makanan pengganti nasi ini juga terdapat vitamin A, vitamin B1, B5, B6, mangan, magnesium, fosfor, kalium, dan berbagai nutrisi lain. Ini membuat ubi diduga mampu mengurangi kadar gula darah, menurunkan tekanan darah, mencegah kanker, meningkatkan kesuburan dan daya tahan tubuh, serta menjaga kesehatan mata dan kulit.

Yuk, variasikan sumber karbohidrat Anda dengan mengonsumsi makanan pengganti nasi yang tumbuh subur di daerah Anda.

googletag.cmd.push(function(){googletag.display(“div-gpt-ad-1450067495602-0”);});

Check Also

mengatasi batuk parah

Mengatasi Batuk Parah menggunakan Kurma Dan Susu

Mengatasi Batuk Parah menggunakan Kurma Dan Susu – Tak hanya dikonsumsi saat berbuka puasa, buah kurma …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *