Home / Health / Langkah Sigap Orangtua dalam Menyikapi Diare pada Anak

Langkah Sigap Orangtua dalam Menyikapi Diare pada Anak

Diare pada anak bisa terjadi karena makanan yang terkontaminasikuman.Kuman bisa berasal dari tangan yang kotor, kontak langsung dengan kotoran, dan kontak dengan hewan piaraan. Mereka kerap lupa cuci tangan, lalu suka memasukkan jari-jari kemulut. Pada saat itulah kumanmasuk ke tubuh.

Untungnya, diare ringan yang terjadi pada anak biasanya tidak berlangsung lama dan dapat ditangani di rumah. Meskipun demikian, tetap harus segera ditangani agar tidak terjadi komplikasi yang lebih serius.

diare pada anak - alodokterdiare pada anak - alodokter

Diare pada anak dapat ditangani dengan memperhatikan hal-hal berikut ini.

Perhatikan asupan cairan untuk menghindari dehidrasi

Mengganti kehilangan cairan adalah salah satu kunci penting dalam penanganan diare agar terhindar dari dehidrasi. Orang tua perlu mengetahui bahwa dehidrasi pada anak adalah kondisi yang patut diwaspadai.

Pada kondisi sedang diare dan sekaligus mencegah dehidrasi, upayakan untuk menyusui buah hati Anda tiap 10 menit dengan menggilir masing-masing sisi payudara selama 1-2 menit. Jika Anda menggunakan botol susu, perhatikan takarannya. Bayi baru lahir yang sedang sakit membutuhkan tambahan ASI sebanyak 30 ml pada tiap kali pemberiannya. Bayi yang sudah berusia sekitar satu tahun membutuhkan tambahan ASI sebanyak 90 ml pada tiap kali pemberiannya. Jumlah penambahan yang dimaksud adalah perbandingan dengan bayi yang sehat.

Untuk anak-anak, penting untuk memberinya cairan oralit. Pemberian cairan saja, tanpa kandungan gula atau elektrolit, tidak bisa dikatakan sebagai asupan yang ideal. Oralit yang terdiri atas campuran air dengan gula dan garam berfungsi untuk menggantikan karbohidrat, elektrolit, dan mineral penting lainnya yang hilang dalam tubuh akibat diare. 

Antisipasi malanutrisi dengan makanan yang sehat

Pada umumnya, Anda dianjurkan terus memberi makanan pada bayi atau anak seperti biasa. Meski begitu, Anda juga harus berhati-hati dalam memberi makanan atau minuman sebab beberapa di antaranya mungkin dapat membuat diare anak berlangsung lebih lama. Contohnya adalah susu. Sebagian anak  ada yang mengalami intoleransi laktosa ringan dalam jangka waktu pendek.

Pilihan makanan yang dapat diberikan adalah yang dapat dicerna dengan mudah oleh tubuh anak, antara lain nasi putih, pasta, kentang tumbuk, pisang, roti, serta berbagai rebusan daging, ayam, atau ikan. Makanan jenis pati serta sayur-sayuran dan buah-buahan segar kadang-kadang dapat membantu menjadikan tekstur tinja lebih padat. Namun untuk anak-anak, sebaiknya hindari memberikan buah dalam bentuk jus karena mengandung berbagai jenis gula yang dapat memperburuk diare dan nyeri perut. Hindari memberi makanan yang mengandung terlalu banyak lemak atau gula.

Setelah diberikan asupan sedemikian rupa, Anda kemungkinan tetap dihadapkan dengan kondisi tinja anak yang masih encer. Hal ini dikarenakan usus masih beradaptasi dalam menyerap makanan padat. Ini bukan kondisi yang harus dikhawatirkan karena tahapan ini biasanya hanya berlangsung singkat dan selama tidak ada gangguan lain, maka tidak diperlukan pengobatan.

Jangan berikan obat-obatan dahulu dan kenali kapan harus ke dokter

Hindari memberinya obat minum apapun, termasuk obat diare, bila belum berkonsultasi kepada dokter. Anda disarankan untuk segera memeriksakan anak ke dokter apabila terjadi hal-hal semacam ini.

  • Mengalami diare lebih dari tiga hari,
  • Disertai muntah yang bercampur darah atau cairan kuning/hijau,
  • Anak terlalu lemah, bahkan tidak mampu berdiri,
  • Anak mengalami demam tinggi,
  • Dalam delapan jam sudah mengalami diare empat kali atau lebih,
  • Terdapat ruam pada tubuh,
  • Darah pada tinja.

Bila anak mengalami diare, Anda harus memastikan bahwa dia tidak mengalami komplikasi dehidrasi. Dehidrasi berisiko membawa dampak buruk berupa kerusakan otak, kejang, dan bahkan kematian.

googletag.cmd.push(function(){googletag.display(“div-gpt-ad-1450067495602-0”);});

Check Also

Apa Sajakah Tanda Dari Herpes Genital yang Perlu Kita Waspadai?

Apa Sajakah Tanda Dari Herpes Genital yang Perlu Kita Waspadai? – Salah satu penyakit infeksi menular …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *