Home / Health / Lakukan 7 Tindakan Ini Saat Kepala Sering Pusing

Lakukan 7 Tindakan Ini Saat Kepala Sering Pusing

Salah satu alasan paling sering yang menyebabkan orang dewasa pergi ke dokter adalah akibat kepala pusing. Kondisi kepala sering pusing, meski mengganggu aktivitas, ternyata jarang menjadi ancaman yang serius terhadap jiwa seseorang.

Pusing sendiri disematkan pada berbagai perasaan yang menghinggapi kepala, seperti kepala terasa ringan, hilang keseimbangan, atau terasa berputar. Meski jarang menjadi sinyal bahwa tubuh mengalami kondisi serius, bukan berarti kepala sering pusing boleh diabaikan.

lakukan 7 tindakan ini saat kepala sering pusing - alodokter

lakukan 7 tindakan ini saat kepala sering pusing - alodokter

Perhatikan beberapa tindakan di bawah ini  jika sedang mengalami pusing karena jika dibiarkan saja berpotensi menyebabkan cedera atau kecelakaan.

Berbaringlah setidaknya semenit

Anda bisa mencoba menanggulangi kepala pusing secara instan dengan berbaring selama satu atau dua menit. Alasan melakukan hal tersebut adalah agar aliran darah lebih banyak mengalir ke daerah otak. Setelah berbaring, duduk selama satu atau dua menit sebelum berdiri secara perlahan-lahan.

Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Kepala sering pusing juga bisa disebabkan dan diperburuk dengan kondisi tubuh yang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Pusing yang tadinya ringan bisa berubah menjadi berat tatkala dibarengi dengan penyakit yang menyebabkan diare, muntah, atau demam. Oleh karena itu, tingkatkan asupan cairan. Namun jika orang tersebut memiliki penyakit jantung atau penyakit ginjal, sebaiknya konsultasikan kepada dokter untuk membahas masalah asupan cairan bagi tubuh.

Stop kafein dan obat terlarang

Saat kepala sedang pusing, beberapa zat bisa memperburuk kondisi tersebut. Oleh karena itu, jauhilah makanan atau minuman yang mengandung zat-zat yang ditengarai memperparah kondisi tersebut. Beberapa minuman yang termasuk golongan ini, antara lain minuman berkafein, minuman beralkohol, rokok, dan obat-obatan terlarang atau narkoba.

Istirahatlah

Kepala pusing sering terjadi bila seseorang terkena penyakit yang disebabkan oleh virus. Jangan heran jika saat flu atau pilek, seseorang juga merasakan kepalanya pusing. Agar pusing tidak merajalela, beristirahat adalah tindakan yang baik untuk dilakukan.

Jangan mengendarai kendaraan bermotor

Mengendarai kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil, saat mengalami pusing adalah tindakan yang dapat berisiko tinggi. Oleh karena itu, demi keselamatan, sebaiknya hindari melakukannya. Jika saat menyetir merasa pusing, sebaiknya menepilah sejenak hingga pusing hilang. Tindakan lain yang sebaiknya tidak dilakukan saat pusing adalah mengoperasikan alat-alat atau mesin kerja dan menaiki tangga.

Berpegangan untuk menjaga keseimbangan

Saat pusing melanda, ada kekhawatiran penderitanya mengalami hilang keseimbangan. Hindari bergerak tiba-tiba atau berjalan cepat-cepat untuk menghindari hilang keseimbangan. Berpeganganlah pada apa pun yang ada di sekitar Anda saat mengalami pusing untuk menghindari jatuh atau cedera lebih fatal.

Hentikan atau ganti obat

Beberapa penyebab pusing mungkin terkait dengan pemakaian obat yang diberikan oleh dokter. Jika hal ini yang terjadi, konsultasikan kepada dokter yang meresepkan obat tersebut. Tanyakan mengenai penurunan dosis pemakaian atau pilihan untuk menghentikan konsumsi obat tersebut.

Jangan pernah menganggap enteng kepala sering pusing, terutama jika disertai dengan mual dan muntah. Sebaiknya segera hubungi dokter jika hal tersebut terjadi. Kepala pusing disertai pingsan yang makin sering dirasakan dan menjadi makin parah, sebaiknya juga melibatkan dokter dalam proses penanganannya.

Check Also

mengatasi batuk parah

Mengatasi Batuk Parah menggunakan Kurma Dan Susu

Mengatasi Batuk Parah menggunakan Kurma Dan Susu – Tak hanya dikonsumsi saat berbuka puasa, buah kurma …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *