Home / Health / Kulit Kering Tidak Menjadi Momok Lagi, Buktikan Sendiri di Sini

Kulit Kering Tidak Menjadi Momok Lagi, Buktikan Sendiri di Sini

Pernah mengalami kulit kering sampai retak-retak? Sudah pasti sangat mengganggu penampilan dan kepercayaan diri, bukan? Terlebih, kemunculan kulit kering dapat disertai gatal-gatal, kulit kemerahan, dan kasar pada permukaannya.

Perawatan untuk kulit kering bisa jadi tidak terbatas pada merawat kulit, melainkan juga harus memperhatikan kondisi udara di sekitar dan cara Anda dalam memilih pakaian yang tepat.

kulit kering - alodokter

Kondisi kulit kering dapat muncul oleh karena berbagai penyebab, antara lain cuaca, suhu panas, pajanan matahari, sabun dan detergen tertentu. Berbagai kondisi penyakit juga dapat menyebabkan kulit kering, yaitu eksim dan psoriasis. Usia tua, tinggal di lingkungan kering ataupun memiliki kelembapan yang rendah juga dapat meningkatkan risiko timbulnya kulit kering.

Terlepas dari apa pun penyebabnya, kulit kering harus dirawat. Untuk merawat kulit kering, Anda dapat melakukan hal-hal berikut ini.

Hindari mandi dengan air yang terlalu panas

Air panas dapat dengan cepat mengurangi minyak di kulit sebagai pelembap alami. Mandi memakai air hangat menjadi pilihan yang lebih bijak. Meskipun begitu, Anda juga tidak disarankan untuk mandi berlama-lama ketika menggunakan air hangat, yaitu batasi hanya 5-10 menit saja. Setelah selesai mandi, tepuk-tepuk handuk pada tubuh dan jangan sampai kulit terlalu kering. Setelah itu, coba oleskan pelembap tubuh.

Gunakan pembersih dan penyegar bebas aroma

Bila Anda mengalami kulit kering, biasakan menggunakan sabun yang bebas aroma, alkohol, atau zat aditif antibakteri dan deodoran. Pilihlah sabun lembut (mild soap) yang telah ditambahi minyak dan lemak. Hindari memilih pembersih wajah dengan kandungan bahan yang keras.

Gunakan tabir surya dan pelembap

Lindungi kulit dengan menggunakan tabir surya yang mengandung SPF minimal 15. Selain itu, biasakan menggunakan pelembap. Dalam memilih pelembap, usahakan yang mengandung bahan-bahan ceramide yang bersifat melembapkan dan meredakan kulit kering dan asam hialuronat yang membantu kulit mempertahankan air. Kandungan lanolin dan petroleum jelly juga dapat membantu mempertahankan air yang sebelumnya diserap kulit saat mandi.

Perawatan di malam hari

Perawatan kulit tidak hanya diperlukan pada siang hari, tetapi juga pada malam hari ketika Anda tidur. Sebelum tidur, oleskan pelembap pada kulit, lebih tebal daripada biasanya. Lamanya tidur malam turut memberikan waktu yang lebih panjang bagi pelembap untuk lebih meresap ke kulit.

Lindungi kulit dari udara dingin

Udara yang dingin dapat mengurangi kelembapan kulit dan akhirnya membuat kulit kekeringan. Saat cuaca sedang dingin, pastikan Anda selalu gunakan pelembap untuk kulit dan upayakan untuk melindungi tubuh dari suhu udara dingin. Kenakan baju yang lebih tebal bila ingin keluar rumah. Kalau perlu, gunakan pelindung tambahan, seperti topi, kaus kaki, dan kaus tangan.

Lakukan pengelupasan

Eksfoliasi atau pengelupasan pada kulit kering akan menghilangkan kulit mati. Dengan begitu, pelembab dapat meresap lebih baik. Yang harus diperhatikan, bedakan pengelupasan kulit kering dengan jenis kulit lainnya. Pada kulit kering, pengelupasan harus dilakukan secara lembut menggunakan peralatan yang lembut juga, seperti menggunakan kain lembut atau baking soda yang sudah diolah berbentuk pasta. Lakukan satu hingga dua kali seminggu. Hindari menggunakan batu apung atau loofah karena permukaannya terlalu kasar dan peralatan ini adalah tempat yang baik untuk perkembangbiakan kuman dan bakteri.

Sebaiknya, kulit kering jangan didiamkan. Lakukan perawatan rutin dengan cara seperti di atas agar kulit tetap sehat dan cantik, serta untuk menghindari Anda dari tambahan masalah kulit lainnya. Konsultasikan ke dokter bilamana kulit kering Anda mengalami kemerahan, gatal yang mengganggu tidur, luka terbuka atau infeksi, ataupun terkelupas dalam area yang luas.

Check Also

mengatasi batuk parah

Mengatasi Batuk Parah menggunakan Kurma Dan Susu

Mengatasi Batuk Parah menggunakan Kurma Dan Susu – Tak hanya dikonsumsi saat berbuka puasa, buah kurma …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *