Home / Health / Kita Perlu Tahu Potensi Jojoba

Kita Perlu Tahu Potensi Jojoba

Biji dari tanaman jojoba dapat diolah hingga menghasilkan minyak dan lilin yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Tumbuhan ini sendiri merupakan semak-semak yang biasa hidup di daerah beriklim kering.

Minyak dan lilin yang dihasilkan jojoba sudah diterapkan ke dalam industri makanan dan kecantikan. Minyak jojoba misalnya, telah digunakan ke dalam berbagai variasi produk, salah satunya adalah minyak goreng. Sementara lilin dari jojoba umumnya dipakai pada produk-produk terkait kesehatan kulit.

kita perlu tahu potensi jojoba - alodokter

Melembutkan dan Melembapkan Kulit

Selama ini, orang-orang memakai jojoba untuk jerawat, kulit pecah-pecah, psoriasis, dan kulit terbakar. Jojoba bisa ditemui di dalam aneka produk kecantikan kulit, seperti losion, pembersih kulit, kosmetik, dan lipstik.

Jojoba yang dioleskan pada kulit bersifat emolien yang berfungsi untuk menenangkan kulit. Sifat emolien sendiri bisa diartikan sebagai zat yang mampu melembutkan dan melembapkan kulit. Selain itu, emolien juga dapat mengurangi rasa gatal dan pengelupasan pada kulit.

Sayangnya, kemanjuran jojoba untuk mengatasi masalah-masalah kulit tersebut belum didukung bukti ilmiah kuat.

Merangsang Pertumbuhan Rambut

Jojoba dapat menghilangkan sumbatan pada folikel rambut. Orang-orang meyakinin bahwa hal tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan rambut sehingga mempercayai bahawa jojoba dapat mengatasi kebotakan. Para pelaku industri juga telah mulai memasukkan jojoba ke dalam produk shampo.

Sama seperti halnya untuk masalah kulit, kemanjuran jojoba untuk mengatasi kebotakan juga masih memerlukan penelitian-penelitian lanjutan untuk membuktikannya.

Penangkal Nyamuk

Menurut sebuah penelitian, mengoleskan beberapa produk yang mengandung minyak jojoba, minyak kelapa, minyak rapeseed, dan vitamin E mungkin berguna untuk menangkal nyamuk. Efek untuk mengusir nyamuk tersebut akan bertahan minimal tiga jam setelah dioleskan di kulit. Hanya saja, dibutuhkan penelitian lebih lanjut guna mendukung hal tersebut.

Mampu Menyembuhkan Luka

Sebuah penelitian terkait manfaat jojoba adalah potensinya untuk digunakan sebagai penyembuh luka. Studi yang dilakukan di laboratorium ini meneliti mengenai manfaat jojoba dalam upaya perbaikan jaringan epidermis kulit manusia saat terluka.

Penelitian ini menggunakan lilin jojoba dalam bentuk cair dan menunjukkan aktivitas yang baik dalam mempercepat penutupan luka. Jojoba dianggap mampu merangsang pertumbuhan kolagen. Penelitian ini menganjurkan pemakaian jojoba untuk pengobatan luka sesuai aturan klinis. Untuk itu, sama seperti ketiga manfaat yang telah lebih dahulu disebutkan, kemanjuran jojoba untuk menyembuhkan luka

Selain manfaat langsung terhadap manusia yang mungkin dimiliki jojoba, manfaat tidak langsung juga dimiliki oleh tanaman yang bernama Latin Simmondsia chinensis ini. Jojoba mungkin bisa menjadi solusi untuk dijadikan sebagai bahan bakar alami yang memiliki emisi lebih baik daripada diesel. Jika fungsi tersebut benar, maka jojoba akan menjadi alternatif dalam meningkatkan kualitas lingkungan.

Patut diingat deretan manfaat yang dikandung jojoba di atas masih belum didukung bukti medis yang cukup kuat dan masih membutuhkan penelitian-penelitian lebih lanjut. Anda mungkin sebaiknya memakai produk-produk yang sudah terbukti aman dan efektif untuk tubuh Anda.

Check Also

mengatasi batuk parah

Mengatasi Batuk Parah menggunakan Kurma Dan Susu

Mengatasi Batuk Parah menggunakan Kurma Dan Susu – Tak hanya dikonsumsi saat berbuka puasa, buah kurma …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *