Home / Health / Kelenjar Endokrin, Aktor di Balik Tumbuh Kembang Fisik Manusia

Kelenjar Endokrin, Aktor di Balik Tumbuh Kembang Fisik Manusia

Tubuh kita diatur oleh senyawa kimia yang luar biasa jumlahnya. Sistem endokrin adalah sistem utama pada tubuh yang mengkoordinaskan senyawa-senyawa tersebut. Kinerja sistem endokrin berdampak kepada hampir seluruh sel, organ, serta berbagai fungsi di tubuh kita.

Sistem endokrin itu sendiri tersusun oleh kelenjar-kelenjar beserta hormon-hormon yang dihasilkan.

Kelenjar Endokrin Aktor di Balik Tumbuh Kembang Fisik Manusia - Alodokter

Kelenjar Endokrin Aktor di Balik Tumbuh Kembang Fisik Manusia - Alodokter

Cara Kerja Kelenjar Endokrin

Dalam proses kerjanya, sistem endokrin banyak bekerja sama dengan sistem saraf. Oleh karena itu, mereka disebut sistem neuroendokrin. Di dalam proses kerjasamanya, otak secara berkesinambungan mengirim instruksi ke sistem endokrin. Sebagai balasannya, kelenjar endokrin memeberikan umpan balik.

Secara umum, sistem endokrin kebanyakan bertanggung jawab kepada proses perkembangan tubuh yang umumnya berlangsung lambat, seperti pertumbuhan sel, tumbuh kembang fisik, proses reproduksi, serta metabolisme. Sebagai perbandingan kepada proses tubuh yang berlangsung lebih cepat, yaitu bernapas dan pergerakan tubuh yang diatur oleh saraf.

Hormon-hormon tersebut diproduksi oleh berbagai kelenjar di dalam sistem endokrin. Kemudian, kelenjar endokrin akan mengeluarkan hormon tersebut ke dalam darah.

Kelenjar-kelenjar di Dalam Sistem Endokrin

Berikut adalah kelenjar-kelenjar di dalam sistem endokrin.

  • Kelenjar tiroid, memproduksi hormon tiroksin (T4) dan triiodotironin (T3) yang bertugas mengendalikan tingkat pembakaran energi dari makanan. Selain itu sel parafolikular di kelenjar tiroid menghasilkan hormon kalsitonin yang berperan dalam pembentukan tulang.
  • Kelenjar paratiroid, melepaskan hormon paratiroid yang tugasnya adalah mengatur kadar kalsium dalam darah. Tugas hormon ini dibantu oleh hormon kalsitonin.
  • Kelenjar pituitary, merupakan kelenjar terpenting dalam sistem endokrin. Kelenjar pituitary memproduksi hormon yang fungsinya mengatur berbagai kelenjar endokrin lainnya.
  • Kelenjar adrenal terbagi menjadi dua bagian. Pertama, bagian korteks yang memproduksi hormon kortikostreroid. Hormon ini bertugas mengatur keseimbangan cairan dan kadar garam di dalam tubuh. Hormon ini juga memengaruhi metabolisme, sistem imun, respons tubuh terhadap stres, serta perkembangan dan fungsi seksual. Kedua, bagian medulla yang memproduksi hormon seperti epinefrin atau adrenalin. Ketika tubuh mengalami stres, epinefrin meningkatkan tekanan darah dan detak jantung.
  • Kelenjar pankreas memproduksi setidaknya dua hormon penting, yaitu glukagon dan insulin. Kedua hormon ini bekerja sama untuk memelihara kadar gula darah dan memelihara simpanan energi di dalam tubuh.
  • Kelenjar reproduksi pada pria (testis) terdapat di skrotum, sedangkan kelenjar reprodukti wanita (indung telur atau ovarium) terdapat di rongga panggul. Testis memproduksi hormon testosteron, sedangkan indung telur memproduksi hormon estrogen dan progesteron.

Tanpa kita sadari, ternyata tubuh kita terdiri dari begitu banyak unsur dan senyawa kimia. Jumlah senyawa kimia atau hormon yang tidak seimbang, misalnya terlalu sedikit atau terlalu banyak, dapat mengundang masalah. Sering kali dokter menangani masalah pada sistem endokrin dengan mengendalikan produksi hormon atau menggantikan hormon tertentu dengan obat-obatan.

Check Also

Apa Sajakah Tanda Dari Herpes Genital yang Perlu Kita Waspadai?

Apa Sajakah Tanda Dari Herpes Genital yang Perlu Kita Waspadai? – Salah satu penyakit infeksi menular …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *