Linux
Linux
Posted By doko

Kelebihan dan kekurangan arch linux


Dalam delapan bulan terakhir ini saya sudah mengganti OS di beberapa laptop saya dengan Turunan Arch linux, yang mana sebelumnya saya pengguna setia OS GNU/linux distro ubuntu.

Berikut adalah alasan saya beralih menggunakan Arch linux.

  1. Rolling Release, jika kalian menggunakan distro lain. Dan ingin melakukan upgrade, pasti kalian diharuskan mendownload iso versi terbaru dan menginstall ulang. Berbeda dengan arch linux. Jika kalian update software yang terinstall secara otomatis kalian juga upgrade versi OS juga.
  2. Performa Maksimal, ketika fresh install distro lain mungkin secara tidak sadar kalian juga menginstall beberapa software yang tidak di perlukan. Berbeda dengan arch linux, kalian hanya menginstall software-software yang kalian butuhkan saja.
  3. Bleeding Edge, ini adalah istilah dimana kalian menggunakan software-software yang paling terbaru.
  4. AUR (Arch User Repository), ini adalah perbedaan distro arch dengan distro lain. Dengan fitur ini kalian bisa install software unofficial tanpa menambahkan pada daftar repo. Jadi bisa dipastikan betapa melimpahnya software library di arch linux.

Tapi tidak di pungkiri juga kalau Arch linux juga mempunyai beberapa kekurangan.
Dan berikut adalah kekurangan Arch linux:

  1. Bleeding Edge, dengan kalian menggunakan software terbaru, bisa dipastikan juga pembaruan software lebih cepat dibanding update di repo OS lain. Dan bisa di pastikan juga kalian membutuhkan internet lebih banyak untuk update software.
  2. Instalasi membutuhkan internet, pada waktu install di laptop. Saya mempunyai pertanyaan. “emg OS ini ngga bisa di install secara offline”. Yup, dan jawabannya adalah tidak. Jadi jika kalian berencana ingin install Arch di laptop kalian pastikan kalian mempunyai paket data di handphone kalian untuk tether internet ke laptop, mungkin jika di tempat kalian ada kabel lan yang terhubung ke internet, mungkin hal ini tidak akan menjadi masalah.
  3. Command line installation, walaupun ada script yang memudahkan proses instalasi, namun tetap saja distro ini kurang cocok untuk pemula. Namun ada alternatifnya, kalian bisa menggunakan distro manjaro. Yang mana distro ini masih turunan arch jadi bisa di pastikan kalau kelebihan arch juga pasti ada di distro Manjaro. Oia saya suka Arch karena sebelumnya saya sempat menggunakan Manjaro.

Nah itu alasan saya beralih dari distro ubuntu ke distro Arch linux. Jika dari kalian ada yang berkeinginan untuk menggunakan Arch linux. Mungkin Next posting saya akan membuat tutorial cara menginstall Arch Linux.


Doko - adalah orang biasa yang belajar dan bekerja sebagai System Administrator. belajar menjadi penulis blog dan mempunyai hobby bermain beberapa game pc dan mobile.

View Comments