Home / Health / Kebiasaan Buruk ini Bisa Merusak Kulit Wajahmu yang Mulus

Kebiasaan Buruk ini Bisa Merusak Kulit Wajahmu yang Mulus

Jadi bagaimana kita bisa mengetahui kesalahan-kesalahan yang bisa mengakibatkan kerusakan pada kulit? Kita bisa simak di bawah ini.

Kandungan alkohol berlebih di dalam kosmetik

Kamu dan kebanyakan orang di dunia memiliki keinginan yang sama, memiliki kulit halus dan mulus. Sayangnya, sering kali cara mewujudkan keinginan tersebut justru menghasilkan hal yang sebaliknya. Salah satunya adalah akibat salah pilih dalam menggunakan produk kosmetik kulit.

Ketahuilah bahwa beberapa produk perawatan kulit kemungkinan mengandung jumlah alkohol yang berlebihan. Kebanyakan alkohol akan membuat kelembapan kulit berkurang. Apalagi jika dipakai saat kelembapan kulit sudah terkuras oleh udara panas atau pengatur suhu ruangan. Produk-produk yang beralkohol secara berlebihan bisa berupa toner, pembersih, dan produk pengontrol minyak lainnya.

Tidur tetap dengan make-up

Salah satu kebiasaan yang harus segera kamu akhiri karena berakibat buruk bagi kulit adalah jarang membersihkan make-up. Meski kebiasaan buruk ini pada sebagian orang tidak menimbulkan masalah berarti, bukan berarti boleh diabaikan. Sebab banyak juga yang mengalami kulit pecah-pecah saat tidur dengan make-up yang tidak dibersihkan lebih dahulu.

Bisa saja terbentuk lapisan kotoran di permukaan kulit yang berasal dari kosmetik yang tidak dibersihkan dengan baik. Ingat, faktor menjaga kebersihan kulit sangat penting demi bisa mempertahankan kesehatannya. Jadi, selalu bersihkan kosmetik yang menempel di kulitmu sebelum tidur.

Menumpuk bakteri dalam kuas dan spon

Kapan waktu yang disarankan untuk membersihkan kuas atau spon kosmetikmu? Tenang, bukan kamu saja yang sering lupa untuk melakukan hal tersebut. Disarankan untuk segera lakukan karena alat kecantikan tersebut bisa menjadi tempat berkumpulnya bakteri.

Jika tidak juga dibersihkan, kuas dan spon berisiko menjadi media penyebaran bakteri ke kulitmu. Saat kamu memiliki luka atau celah terbuka di kulit, maka bukan hal yang mustahil bisa memicu terjadinya infeksi.

Semangat membara dalam mengelupaskan kulit

Kebiasaan buruk lainnya yang berpotensi merusak kesehatan dan keindahan kulitmu adalah berlebihan saat membuang sel kulit mati. Biasanya, pengelupasan sel kulit mati dilakukan untuk memunculkan lapisan kulit yang lebih segar. Jika tindakan ini dilakukan secara berlebihan, maka kulit dapat kehilangan minyak alami.

Untuk itu, kamu harus menghentikan kebiasaan buruk ini. Saat melakukan tindakan tersebut, usahakan dibarengi dengan mengoleskan minyak atau krim di bagian yang dikelupas. Hal ini perlu dilakukan guna mencegah kelembapan pergi dari kulitmu.

Menjepit ponsel antara pipi dan bahu

Saat tangan sedang repot dengan aktivitas dan di saat yang bersamaan harus menerima telepon, biasanya kita akan menjepitkan ponsel dengan pipi dan bahu. Tahukah bahwa kebiasaan ini bisa memicu tumbuhnya jerawat di wajah? Sebab layar ponselmu merupakan tempat yang rawan dihinggapi bakteri.

Agar tidak memicu tumbuhnya jerawat, pastikan untuk memakai earphone atau hands-free headset. Kamu juga harus rajin membersihkan permukaan ponsel agar tidak menularkan bakteri ke kulit wajahmu.

Cek kembali apakah kamu memiliki kebiasaan-kebiasaan yang bisa merugikan kulitmu seperti di atas. Beberapa kebiasaan tersebut jika segera kamu akhiri bisa membuatmu terhindar dari ketidaksengajaan merusak kulit sendiri.

Check Also

Apa Sajakah Tanda Dari Herpes Genital yang Perlu Kita Waspadai?

Apa Sajakah Tanda Dari Herpes Genital yang Perlu Kita Waspadai? – Salah satu penyakit infeksi menular …