Home / Health / Kamu Harus Tahu Cara Menghilangkan Stres Supaya Lebih Bahagia

Kamu Harus Tahu Cara Menghilangkan Stres Supaya Lebih Bahagia

Jangan kira stres tidak akan memengaruhi kegiatan sehari-hari. Stres yang berkepanjangan juga dapat memengaruhi kesehatan tubuh. Akhirnya, beragam penyakit dapat bermunculan. Jadi, sebelum stres sukses mengganggu kesehatanmu, lekaslah lakukan cara menghilangkan stres.

Masalah ekonomi atau beban pekerjaan yang berat tidak jarang menjadi masalah yang sering dihadapi oleh seseorang seiring bertambahnya usia. Pasalnya, ketika seseorang mengalami stres, hormon kortisol dan adrenalin akan meningkat di dalam tubuhmu. Akibatnya, penyakit seperti penyakit jantung, gangguan pencernaan, bahkan depresi bukan tidak mungkin akan menghampiri.

kamu harus tahu cara menghilangkan stres supaya lebih bahagia - alodokter

Menghilangkan stres tidak melulu harus dengan menggunakan modal yang besar. Cukup melakukan beberapa cara menghilangkan stres yang sederhana juga sudah dapat sedikit membantu kamu menghilangkan stres. Langkah ini perlu dilakukan agar stres tidak berkepanjangan, tubuh dan pikiran pun menjadi lebih sehat.

  • Lakukan kegiatan yang kamu cintai

    Coba ingat-ingat, kegiatan apa yang membuat kamu lupa waktu dan sangat senang melakukannya. Lakukan hal yang kamu senangi seperti memancing, membaca buku, atau apa pun hobi yang kamu sukai. Melakukan hal yang kamu cintai dapat membantu dalam menurunkan kadar stres. Kamu berhak mencintai dan bahagia dengan diri sendiri.

  • Berolahragalah

    Mulai menggerakkan badan dan berolahraga. Sebut saja lari atau berjalan kaki, bisa menjadi pilihan olahraga yang tepat. Tidak hanya bisa membantu meringankan stres, lari secara teratur juga tentunya baik untuk kesehatan. Selain lari, melakukan beberapa gerakan peregangan seperti yoga juga dapat mengurangi tegangan pada otot, dan sekaligus meringankan stres. Karena pada saat kamu bergerak atau berolahraga, tubuh akan mengeluarkan zat kimia yang membuat kamu merasa lebih baik.

  • Dengarkan musik

    Mungkin kamu pernah mendengarnya beberapa kali bahwa mendengarkan musik bagus bisa menurunkan kadar stres. Ya, musik yang bernada lembut memang dapat berguna untuk menurunkan laju detak jantung, meredakan rasa cemas, dan menurunkan tekanan darah. Karena pada saat kamu mendengarkan lagu yang tenang dan lembut, kortisol yang meningkat pada saat stres akan menurun. Begitu juga dengan tekanan darahkamu.
  • Berikan pijatan pada kepala

    Kerjaan yang menumpuk membuat pusing dan stres? Berikan pijatan pada kepala dan rasakan sensasi rileksnya. Ingin mendapatkan manfaat lebih? Lakukan pada saat keramas. Tidak hanya dapat membantu mengurangi stres, tapi pelembap alami kulit kepala juga akan dilepaskan dan dapat membuat rambut terlihat lebih indah. Caranya mudah, pijat kepala dari bagian batas rambut, kepala bagian depan, hingga bagian belakang dengan menggunakan ujung jari-jari tangan.
  • Meditasi

    Ketika stres dan begitu banyak pikiran yang menghuni pikiran kamu. Cobalah untuk melakukan meditasi. Karena pada saat bermeditasi, kamu akan menjadi lebih fokus pada hal-hal yang sedang terjadi saat itu saja atau tujuan awal Anda melakukan sesuatu. Ada beragam teknik meditasi, antara lain meditasi mindful di mana Anda fokus pada pernapasan alami sendiri, meditasi mantera berfokus semangat positif dengan menggumamkan berulang-ulang penggalan kata untuk menambah semangat, meditasi berjalan yaitu berfokus pada proses berjalan itu sendiri, dan meditasi pemeriksaan tubuh yang berfokus mencari sensasi atau rasa tertentu pada tubuh sendiri. Tidak perlu takut tidak memiliki waktu untuk melakukannya. Meditasi bisa kamu lakukan malam sebelum tidur, atau bahkan pagi-pagi sebelum mulai beraktivitas. Lakukan meditasi di luar ruangan dengan udara yang sejuk, tenang, dan beralaskan rumput. Atau bisa juga dengan melakukannya di dalam ruangan dan pastikan tidak ada gangguan di sekitar. Mudah, bukan?

Masalah yang muncul di depan mungkin tidak bisa dikendalikan kehadirannya. Masalah yang hadir pun tentu akan memberikan pelajaran hidup yang berarti. Jadi, ingatlah untuk tidak stres berkepanjangan. Lakukan beberapa cara menghilangkan stres di atas, dan hadapi dengan senyuman. Dengan begitu stres berkurang, risiko penyakit yang dapat muncul akibat stres juga dapat berkurang.

Check Also

mengatasi batuk parah

Mengatasi Batuk Parah menggunakan Kurma Dan Susu

Mengatasi Batuk Parah menggunakan Kurma Dan Susu – Tak hanya dikonsumsi saat berbuka puasa, buah kurma …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *