Home / Tech / Jupiter, Bumi, Bulan, Meteor Sejajar saat Gerhana

Jupiter, Bumi, Bulan, Meteor Sejajar saat Gerhana

SOLO – Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menyebut fenomena gerhana matahari total akan terjadi Rabu (9/3/2016). Tak hanya gerhana matahari sempurna, tetapi Jupiter juga akan berada segaris dengan gerhana tersebut.

Sebagaimana diberitakan Solopos dikutip dari KTUU, Selasa (8/3/2016), penduduk Alaska, Amerika Serkat, juga akan memiliki kesempatan untuk melihat posisi Jupiter yang spesial. Akan terbentuk barisan Jupiter, Bumi, dan Matahari sebelum gerhana matahari total terlihat di kawasan Asia Tenggara.

Jupiter juga akan berada di titik terdekat dengan Bumi dan akan terlihat lebih besar di langit. Jupiter mendominasi langit malam selama satu bulan, muncul dari matahari terbenam hingga terbit. Lihatlah timur sebagai matahari terbenam, Jupiter akan menjadi benda paling terang di langit.

Pada waktu yang tak jauh berbeda, NASA juga memperkirakan akan ada asteroid yang mendekati Bumi. Asteroid 2013 TX68 diramalkan akan berada pada jarak 3 juta mil dari Bumi.

Secara umum, gerhana matahari total dapat diprediksi waktu dan tempat kejadiannya. Untuk memprediksi keberulangannya secara global, gerhana dikelompokkan ke dalam suatu kelompok yang disebut Siklus Saros tertentu.

Gerhana-gerhana pada Siklus Saros tertentu akan berulang hampir setiap 18 tahun 11 hari. Sebagai contoh, GMT 9 Maret 2016 adalah anggota ke 52 dari 73 anggota pada Siklus Saros ke 130.

Gerhana sebelumnya yang berasosiasi dengan GMT 9 Maret 2016 ini adalah GMT yang terjadi pada 26 Ferbruari 1998. Gerhana sesudahnya yang berasosiasi dengan GMT 9 Maret 2016 tersebut adalah GMT yang terjadi pada 20 Maret 2034.

Meski fenomena alam gerhana matahari total di suatu lokasi dapat diprediksi dengan baik, peristiwa tersebut tidak berulang di lokasi tersebut dengan siklus tertentu.

Gerhana matahari total sebelumnya yang dapat diamati di Indonesia adalah GMT pada 11 Juni 1983 yang jalur totalitasnya melewati Jawa, Sulawesi, dan Papua. Lalu GMT pada 18 Maret 1988 yang jalur totalitasnya melewati Sumatra dan Kalimantan.

Check Also

Kocak, saat Jokowi Ditanya Netizen Soal Hokage Ke-8 ‘Naruto’

JAKARTA – Akun Youtube Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengunggah video yang menjawab pertanyaan dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *