Home / Health / Jika Penasaran dengan Kaki Kesemutan, Cek Saja di Sini

Jika Penasaran dengan Kaki Kesemutan, Cek Saja di Sini

Kaki kesemutan biasa dialami oleh mereka yang duduk berlututterlalu lama. Pada beberapa kasus, kondisi kesemutan mengindikasikan seseorang terkena kondisi medis yang serius.

Apabila suatu bagian tubuh terbebani, maka dapat terjadi hambatan suplai darah ke saraf yang mengarah pada bagian tubuh tersebut. Hal ini berisiko menyebabkan kesemutan. Rasa kesemutan dapat berupa seperti tertusuk-tusuk, terbakar, geli, ataupun mati rasa. Kesemutan yang timbul oleh karena tekanan ini biasanya hanya terjadi sementara. Dengan menghilangkan tekanan, rasa kesemutan dapat hilang.

jika penasaran dengan kaki kesemutan cek saja di sini - alodokter

Namun, pada beberapa kasus kesemutan dapat terjadi dalam jangka panjang. Berikut adalah berbagai kondisi medis yang mendasari.

Kecanduan minuman beralkohol

Kadar alkohol di dalam tubuh bisa menyebabkan kaki kesemutan karena dua alasan. Yang pertama adalah kerusakan saraf yang bisa ditimbulkan akibat kecanduan minuman keras. Kondisi ini disebut neuropati alkoholik. Alasan kedua adalah kemungkinan seorang pecandu minuman beralkohol mengalami defisiensi thiamin dan vitamin penting lainnya di dalam tubuh, sehingga terjadi neuropati perifer yang salah satu gejalanya kesemutan kronis.

Berbagai penyakit sistemik

Beberapa penyakit sistemik bisa juga menyebabkan kaki kesemutan yang bersifat kronis. Gangguan pada keseimbangan hormon, seperti hipotiroid dan kanker (termasuk tumor jinak) yang bersarang pada saraf bisa menjadi faktor-faktor penyebab. Selain itu, sebagian penyakit sistemik yang bisa menyebabkan kesemutan kronis adalah gangguan ginjal, penyakit hati, dan berbagai penyakit darah.

Sindrom saraf kejepit

Kondisi medis lain yang bisa menyebabkan neuropati perifer atau kesemutan kronis adalah sindrom saraf kejepit. Beberapa kondisi medis yang dikategorikan sindrom ini, antara lain sindrom terowongan karpal (Carpal Tunnel Syndrome (CTS), kelumpuhan saraf radialis, kelumpuhan saraf ulnaris, dan kelumpuhan saraf peroneus.

Kekurangan atau kelebihan vitamin

Untuk membantu menjaga fungsi dan kesehatan saraf, tubuh membutuhkan vitamin E, B1, B3 (niacin), B6, dan B12. Jika tubuh mengalami defisiensi aneka vitamin di atas, maka bukan tidak mungkin bisa menyebabkan berbagai gejala, salah satunya adalah kesemutan. Misalnya ketika tubuh kekurangan vitamin B12, maka yang terjadi adalah anemia pernisiosa. Penyakit itu adalah salah satu penyebab neuropati perifer yang tidak bisa diabaikan. Sementara itu, kelebihan vitamin tertentu juga bisa menyebabkan kesemutan di kaki atau tangan. Salah satu yang sering mengakibatkan hal tersebut adalah kelebihan vitamin B6.

Keracunan

Kandungan racun berlebih dalam tubuh juga bisa kesemutan kronis. Sebagian jenis logam berat, seperti timbal, merkuri, talium, arsen, dan beberapa bahan kimia industri serta lingkungan lain juga bisa mengakibatkan hal tersebut. Pemberian sebagian jenis antivirus dan antibiotik bisa menyebabkan kesemutan kronis. Beberapa obat-obatan juga bertanggung jawab terhadap terjadinya kondisi ini, terutama obat-obatan kemoterapi untuk kanker paru-paru.

Diabetes melitus

Penyebab paling umum dari neuropati perifer adalah penyakit diabetes. Sekitar 3 dari 10 orang yang menderita neuropati perifer biasanya dikarenakan diabetes. Karena disebabkan oleh diabetes, maka gejala ini sering dinamakan neuropati diabetes. Para penderitanya akan mengalami mati rasa yang diikuti kesemutan dan sering kali terjadi pada kedua kaki dan naik ke lengan. Parahnya lagi, hampir 2 dari 3 penderita diabetes biasanya memiliki gangguan neuropati, baik pada tingkatan ringan maupun berat.

Karena kaki kesemutan juga bisa diakibatkan oleh aneka kondisi medis yang parah, maka jangan anggap remeh gejala ini. Jika merasakan kesemutan lebih sering dari biasanya, langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan akibatnya.

Check Also

mengatasi batuk parah

Mengatasi Batuk Parah menggunakan Kurma Dan Susu

Mengatasi Batuk Parah menggunakan Kurma Dan Susu – Tak hanya dikonsumsi saat berbuka puasa, buah kurma …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *