Home / Health / Jaringan Ikat Manusia Bisa Kena Penyakit-penyakit Ini

Jaringan Ikat Manusia Bisa Kena Penyakit-penyakit Ini

Jaringan ikat manusia laksana perekat yang membuat tubuh memiliki bentuk dan membantu tubuh tetap kuat. Fungsi lainnya adalah membantu jaringan lain melakukan tugasnya. Kesempurnaan dari fungsi tubuh manusia secara keseluruhan turut didukung oleh kinerja jaringan ikat yang sehat.

Jaringan ini memiliki dua molekul protein utama berupa kolagen dan elastin. Dalam tubuh manusia, jaringan lemak dan tulang rawan adalah contoh dari jaringan ini.

jaringan ikat manusia bisa kena penyakit-penyakit ini - alodokterjaringan ikat manusia bisa kena penyakit-penyakit ini - alodokter

Dengan fungsi yang vital tersebut, jaringan ikat juga ternyata tidak bisa lepas dari masalah atau penyakit. Beberapa penyakit di bawah ini adalah beberapa contoh penyakit yang menyerang jaringan ikat.

Rheumatoid Arthritis

Penyakit ini diakibatkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang selaput tipis pada lapisan sendi seseorang. Penderita biasanya mengalami nyeri, kaku, panas, dan bengkak pada sendi. Efek lain yang mungkin muncul adalah demam, kehilangan nafsu makan, anemia, dan kelelahan. Komplikasi dari penyakit ini adalah kerusakan permanen pada sendi.

Lupus Eritematosus Sistemik

Lupus eritematosus sistemik adalah penyakit peradangan kronik di mana sistem imun tubuh menyerang jaringan sehat sehingga menimbulkan gejala di berbagai sistem organ. Pada penyakit ini, peradangan terjadi pada organ dalam, sendi, dan kulit. Dalam keseharian, kita mengenal penyakit ini biasanya hanya dengan sebutan lupus.

Scleroderma

Istilah ini digunakan untuk mengungkapkan sekelompok gangguan yang gejalanya meliputi kulit menjadi keras dan kaku, terbentuknya jaringan parut, dan kerusakan organ. Penyakit ini dibagi menjadi dua, yaitu lokal dan sistemik. Jika hanya terjadi pada kulit dan terkadang pada otot di bawahnya juga, maka kondisi ini dikategorikan sebagai scleroderma lokal. Namun jika melibatkan pembuluh darah dan organ utama, maka dikategorikan sebagai sistemik atau menyeluruh.

Vaskulitis

Vaskulitis adalah peradangan pembuluh darah. Terdapat lebih dari 20 jenis penyakit yang ditandai oleh kondisi ini. Karena melibatkan peradangan pada pembuluh darah, penyakit ini bisa memengaruhi aliran darah ke organ-organ dan jaringan tubuh lainnya.

Penyakit Jaringan Ikat Campuran

Gangguan jaringan ikat ini disebut dengan campuran karena terdapat beberapa penyakit jaringan ikat yang diderita secara bersamaan. Dokter akan mendiagnosis seseorang menderita penyakit jaringan ikat campuran bilamana mengalami gejala seperti campuran dari beberapa penyakit, antara lain lupus, scleroderma, polymyositis atau dermatomyositis, dan rheumatoid arthritis.

Perlu diketahui bahwa sebagian orang dapat mengalami gejala-gejala yang bersifat ringan sebelum terkena penyakit ini, namun bagi sebagian lainnya dapat merasakan gejala yang berat.

Terdapat lebih dari 200 penyakit atau kondisi yang menunjukkan kelainan pada jaringan ikat. Untuk menentukan seseorang terkena penyakit jaringan ikat yang mana, maka sebaiknya melibatkan dokter.

googletag.cmd.push(function(){googletag.display(“div-gpt-ad-1450067495602-0”);});

Check Also

Apa Sajakah Tanda Dari Herpes Genital yang Perlu Kita Waspadai?

Apa Sajakah Tanda Dari Herpes Genital yang Perlu Kita Waspadai? – Salah satu penyakit infeksi menular …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *