Home / Health / Jangan Biarkan Kutu Air Membandel Mengganggu Langkah Anda

Jangan Biarkan Kutu Air Membandel Mengganggu Langkah Anda

Di musim hujan seperti sekarang ini, tidak jarang kaki menjadi lembap karena jalanan yang becek dan air masuk ke sela-sela sepatu. Kondisi seperti ini dapat meningkatkan risiko munculnya kutu air. Kenali cara mengatasi kutu air agar tidak lagi mengganggu penampilan dan aktivitas keseharian Anda.

Kutu air merupakan kondisi di mana timbul selaput putih pada sela-sela jari kaki yang biasa disebabkan oleh jamur. Kaki yang lembap sekaligus hangat dapat dikatakan sebagai lokasi favorit bagi jamur untuk tumbuh. Itulah mengapa pada musim hujan seperti ini, risiko kutu air lebih meningkat. Jika Anda terkena kutu air, Anda akan merasa gatal dan nyeri pada sela-sela jari kaki. Kulit yang terinfeksi juga menjadi pecah-pecah dan terkelupas.

jangan biarkan kutu air membandel mengganggu langkah anda - alodokterjangan biarkan kutu air membandel mengganggu langkah anda - alodokter

Jangan kira kutu air tidak bisa menular. Kutu air dapat menyebar melalui handuk, pakaian, dan bahkan lantai yang sudah terkontaminasi. Selain disebabkan oleh cuaca yang lembap saat musim hujan, kutu air juga dapat muncul karena kelembapan ketika Anda menggunakan sepatu tanpa sirkulasi udara yang bagus, atau terlalu ketat.

Usir Kutu Air dengan Cara Ini

Kutu air yang hinggap di kaki Anda tentu akan cukup mengganggu aktivitas, karena rasa gatal dan tidak nyaman yang ditimbulkan. Ada beberapa cara yang Anda dapat lakukan untuk mengatasi kutu air yang membandel. Mulai dari merendam kaki hingga menggunakan pengobatan tertentu.

Jika kondisi Anda masih tergolong ringan, maka biasanya dokter akan menyarankan Anda mengolesi kutu air dengan menggunakan salep antijamur. Seperti, tolnaftate (Tinactin), miconazale (Desenex). terbinafine (Lamisil AT), dan clotrimazole (lotrimin AF). Sedangkan untuk mengeringkan bagian kulit yang melepuh dan berisi air, Anda bisa coba untuk merendam kaki ke dalam air yang sudah dicampurkan dengan sedikit cuka atau garam laut.

Sedangkan, jika kondisi kutu air yang Anda alami tergolong parah atau kutu air tidak kunjung hilang setelah menggunakan salep, biasanya dokter akan memberikan tambahan obat. Adapun obat yang diberikan adalah jenis obat yang lebih kuat untuk dioleskan pada bagian kutu air dan juga antijamur berupa pil.

Jangan Biarkan Kutu Air Datang Kembali

Pernah sekali mengalami kutu air? Jangan kira kutu air tidak akan kembali. Jika Anda tidak melakukan beberapa cara guna menghindari kutu air, maka kutu air dapat dengan mudah kembali pada kondisi kaki yang lembap.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan guna mencegah munculnya kembali kutu air pada kaki Anda.

  • Cuci kaki yang terinfeksi kutu air hingga bersih, kemudian keringkan dengan lembut.
  • Kebersihan kaki Anda adalah hal yang penting jika ingin cepat sembuh dari kutu air. Oleh karena itu, ganti kaus kaki Anda setiap harinya, jangan gunakan kaus kaki yang sama dalam beberapa hari.
  • Tidak hanya kaus kaki, sepatu juga perlu Anda ganti dalam beberapa hari.
  • Bantu kaki Anda bernapas dengan menggunakan sepatu yang terbuat dari bahan alami seperti kulit. Lalu, jangan lupa untuk menggunakan kaus kaki berbahan katun.
  • Pastikan untuk selalu mencuci handuk Anda secara teratur. Hindari juga berbagi penggunaan sepatu, handuk, atau bahkan kaus kaki.
  • Jika Anda sedang melakukan aktivitas seperti gym atau berenang, usahakan untuk tidak bertelanjang kaki selama berada di area mandi atau ruang ganti. Karena seperti yang disebutkan di atas, lantai yang sudah terkontaminasi kutu air dapat membuat jamur menempel di kaki.
  • Jamur suka pada daerah yang lembap, jadi, jangan gunakan pelembap pada bagian kaki, jika Anda ingin menggunakan sepatu.
  • Gunakan bedak atau talc pada bagian kaki guna menghindari keringat yang menimbulkan kelembapan pada sela-sela kaki.

Jangan biarkan kutu air merajarela di kaki Anda. Basmi kutu air dengan beberapa cara di atas. Cegah kembalinya kutu air dengan tetap menjaga kebersihan kaki dan tingkat kelembapannya. Konsultasikan ke dokter Anda, jika kondisi kutu air semakin parah dan penggunaan obat oles tidak kunjung berhasil menghilangkan kutu air.

googletag.cmd.push(function(){googletag.display(“div-gpt-ad-1450067495602-0”);});

Check Also

mengatasi batuk parah

Mengatasi Batuk Parah menggunakan Kurma Dan Susu

Mengatasi Batuk Parah menggunakan Kurma Dan Susu – Tak hanya dikonsumsi saat berbuka puasa, buah kurma …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *