Home / Health / Jangan Asal Cium Bayi Baru Lahir

Jangan Asal Cium Bayi Baru Lahir

Orang tua yang bahagia dengan bayi yang baru lahir, sering mendapat kunjungan dari keluarga dan teman-teman di lingkungan sekitar. Seringkali, pengunjung melakukan tindakan berlebihan dengan menyentuh dan mencium bayi, padahal kebiasaan ini dapat menimbulkan risiko merugikan.

Memang tidak mudah menjaga bayi baru lahir benar-benar berada dalam lingkungan steril. Termasuk kuman yang dapat dengan mudah berpindah melalui sentuhan atau ciuman yang didaratkan oleh orang-orang di sekitar bayi baru lahir.

Jangan Asal Cium Bayi Baru Lahir - alodokter

Waspadai Penularan Kuman

Tak hanya orang dewasa yang senang mengelilingi bayi baru lahir, namun juga termasuk anak-anak dan lanjut usia (lansia).

Meski tak semua orang dapat menyebarkan kuman berbahaya, namun hal itu meningkatkan risiko bayi jatuh sakit. Kabar buruknya, bayi baru lahir dapat tertular penyakit lebih cepat, termasuk terinfeksi lebih cepat dan lebih serius.

Selama beberapa minggu pertama, tubuh bayi baru lahir dapat memanfaatkan antibodi dari ibunya untuk imunitas sementara. Namun, imunitas tersebut masih rendah dan tetap membuatnya rentan terhadap virus atau bakteri yang menyebabkan penyakit. Mulai dari virus influenza, rotavirus, pertusis, hingga streptococcus B.

Pembentukan sistem imunitas memang dapat lebih kuat  setelah melawan kuman, namun bukan berarti orang tua membiarkan bayi terpapar kuman sebanyak-banyaknya. Lingkungan alami, secara umum, sudah cukup membangun sistem imunitas tersebut.

Yang perlu diingat, kuman penyebab flu atau pilek yang tampak sebagai penyakit ringan pada orang dewasa, dapat menyebabkan masalah kesehatan serius pada bayi. Seorang profesor kedokteran anak menekankan pentingnya menjaga penularan kuman terutama hingga bayi usia 6 bulan.

Tips Melindungi Bayi

Berikut beberapa cara yang dilakukan untuk menjauhkan kuman dari tangan atau wajah yang gemas pada bayi baru lahir :

  • Memastikan untuk mencuci tangan

Penyakit infeksi paling umum disebarkan melalui sentuhan. Itu sebabnya mencuci tangan sangatlah penting sebelum menyentuh bayi baru lahir. Untuk meminimalisir kuman, cuci tangan dengan mengunakan sabun dan air hangat. Tak hanya pengunjung, orang tua yang akan menggendong bayi baru lahir juga seharusnya melakukan hal ini. Cuci tangan setiap kali setelah ke kamar mandi, memegang sayur atau daging mentah, bermain, atau bersalaman.

  • Menyediakan cairan pembasmi kuman

Hand sanitizer atau cairan pembasmi kuman yang mengandung alkohol dapat menjadi alternatif, terutama ketika air dan sabun tidak tersedia. Gosok-gosok cairan tersebut selama 15-20 detik untuk hasil maksimal.

  • Membatasi pengunjung yang datang

Tidak semua orang memahami pentingnya menjaga lingkungan yang aman bagi bayi baru lahir. Calon pengunjung yang sakit, sebaiknya diminta menunda kunjungannya. Termasuk demam, batuk, bersin-bersin ataupun sakit tenggorokan. Selain itu, waspadai kado yang memungkinkan kuman berada di dalamnya, seperti boneka teddy bear dan lain-lain.

  • Mengalihkan sentuhan atau ciuman

Bayi baru lahir bisa sangat menggemaskan. Namun, orang tua dapat mengingatkan, sebaiknya menghindari menyentuh atau mencium bayi di sekitar wajah dan tangan yang kadang diisapnya. Sebab, air ludah dan cairan dari mulut mengandung berbagai kuman. Berikan aturan, menyentuh atau mencium bayi hanya boleh dilakukan di sekitar kaki.

  • Menghindari lingkungan terlalu ramai

Terutama beberapa minggu pertama, sebaiknya hindari membawa bayi baru lahir ke toko, restoran, mal, pasar, ataupun lingkungan yang terlalu ramai lainnya. Hal ini akan membantu menghindari bayi dari orang-orang yang penasaran menyentuh dan menciumnya.

  • Mengikuti jadwal vaksinasi sesuai anjuran dokter

Salah satu hal yang penting melindungi kesehatan bayi baru lahir yaitu dengan memenuhi jadwal vaksinasi yang direkomendasikan dokter. Vaksinasi akan membantu melindungi bayi terhadap penyakit-penyakit yang berbahaya.

Orang tua sering merasa segan untuk membatasi orang lain berinteraksi dengan bayi baru lahir. Namun, mengingatkan orang lain untuk menjaga perilaku dengan sopan, tetap dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan bayi baru lahir.

Check Also

Apa Sajakah Tanda Dari Herpes Genital yang Perlu Kita Waspadai?

Apa Sajakah Tanda Dari Herpes Genital yang Perlu Kita Waspadai? – Salah satu penyakit infeksi menular …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *