Home / Tech / Ini Wilayah Terlama Terjadi Gerhana Matahari Total

Ini Wilayah Terlama Terjadi Gerhana Matahari Total

JAKARTA – Jalur gerhana matahari total tahun ini akan membentang dari samudra Hindia hingga ke Samudra Pasifik. Walaupun melewati sebagian besar wilayah nusantara, taukah Anda di mana tempat dengan durasi terlama peristiwa langka tersebut?

Seperti dikutip dari situs resmi NASA, Google membuat sebuah peta interaktif seputar gerhana tahun ini. Google memberi label “GD” (greatest duration) untuk penanda bahwa tempat ini mengalami fase totalitas terlama.

Lokasinya sendiri berada di tengah samudra Pasifik atau di bagian timur Indonesia, tepatnya berada di garis lintang 10.0669 derajat dan garis bujur 148.7007 derajat. Di wilayah ini fase totalitas akan berlangsung selama empat menit sembilan detik.

Lokasinya memang berada di tengah samudra, jadi tidak banyak orang yang akan menyaksikan peristiwa ini. Jika Anda kebetulan berada di pesawat dan melewati jalur ini, maka Anda akan menjadi saksi sejarah.

Sedangkan di wilayah Indonesia, fase totalitas terlama terjadi di Pulau Maba, Halmahera Utara. Total fase total terjadi selama 3 menit 17 detik dan dimulai pukul 9.50 WIT.

Check Also

Kocak, saat Jokowi Ditanya Netizen Soal Hokage Ke-8 ‘Naruto’

JAKARTA – Akun Youtube Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengunggah video yang menjawab pertanyaan dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *