Home / Tech / Ini Reaksi Hewan saat Terjadi Gerhana Matahari Total

Ini Reaksi Hewan saat Terjadi Gerhana Matahari Total

LONDON – Gerhana matahari total yang akan terjadi dari berbagai kota di Indonesia, ternyata tak hanya akan menjadi kesempatan untuk mengamati fenomena langit, tetapi tingkah laku hewan.

Dalam penelitian, ketika gerhana terjadi di London tahun lalu, hewan-hewan di London Zoo bertingkah tak wajar. Menurut laporan Daily Mail, Dave Clarke selaku Head of Invertebrates di ZSL London menyatakan bahwa gerhana Matahari, terutama yang sempurna bisa mempengaruhi penerbangan ngengat malam dan kupu-kupu diurnal yang menggunakan cahaya untuk navigasi.

Tak hanya itu, netizen juga sempat menyadari bahwa burung berhenti berkicau ketika gerhana terjadi. Hewan peliharaan seperti kucing dan anjing akan sedikit terganggu.

Anjing akan menjadi lebih waspada dan memperhatikan apapun di sekitarnya lebih dari biasanya. Beberapa anjing peliharaan bahkan melolong.

Hewan diurnal yang biasanya bangun ketika matahari berada di langit, kemungkinan akan melakukan hal yang biasanya mereka lakukan ketika langit gelap. Menurut sebagian peternakan, para domba memilih tidur ketika terjadi gerhana.

Kendati demikian, patut diingat bahwa hal ini tidak terjadi pada semua hewan. Oleh sebab itu, masih diamati hewan apa saja yang terpengaruh dan bagaimana pengaruh gerhana matahari tersebut pada mereka.

Check Also

Kocak, saat Jokowi Ditanya Netizen Soal Hokage Ke-8 ‘Naruto’

JAKARTA – Akun Youtube Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengunggah video yang menjawab pertanyaan dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *