Home / Health / Ingin Lebih Bahagia? Tonton Saja Film Seperti Ini

Ingin Lebih Bahagia? Tonton Saja Film Seperti Ini

DokterSehat.Com – Menurut pakar kesehatan, menyempatkan waktu untuk berlibur di alam terbuka bisa membuat kita meredakan stress sehingga bisa membuat tubuh tetap sehat sekaligus membuat kita lebih berbahagia. Sayangnya, tidak semua orang memiliki waktu atau bahkan biaya untuk pergi ke tempat wisata atau alam terbuka. Beruntung, sebuah penelitian menyebutkan bahwa kita tidak perlu pergi ke tempat wisata jika ingin lebih bahagia. Hanya dengan menonton film, kita bisa mendapatkan perasaan bahagia tersebut. Lantas, film seperti apa yang sebaiknya kita tonton agar bisa lebih berbahagia?

relaxsejenak-nonton-film-3D

Sebuah penelitian yang dipimpin oleh professor psikologi bernama Dacher Keltner dari University of California, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa menonton film dokumenter yang bertema alam ternyata bisa membuat kita lebih berbahagia. Dalam penelitian ini, Keltner dan timnya memang mencari tahu apakah ada efek dari menonton film dokumenter alam bagi suasana hati seseorang.

Hasil dari penelitian yang dilakukan dengan melibatkan lebih dari 7.500 partisipan ini berhasil menunjukkan fakta bahwa seseorang yang menonton film dokumenter alam ternyata cenderung mengalami peningkatan emosi positif sekaligus menurunkan emosi negatif, meskipun Ia hanya menontonnya dalam waktu yang singkat. Menurut Keltner, film dokumenter alam ternyata mampu mengajarkan otak sensasi bahagia dan lebih sehat. Selain itu, film ini juga mampu membuat seseorang menjadi lebih baik dalam berempati dan lebih dermawan.

Penelitian yang dilakukan bersama dengan peneliti dari BBC Worldwide ini menyebutkan bahwa dengan melihat film dokumenter, maka seseorang bisa mengatasi stress dengan lebih baik, serta menurunkan berbagai emosi negatif layaknya kecemasan berlebihan atau rasa takut.

Dengan adanya hasil penelitian ini, kita tak perlu lagi khawatir andai tidak memiliki waktu atau uang untuk menikmati tempat wisata atau berlibur di alam terbuka. Cukup dengan menonton film dokumenter yang bertema alam, kita sudah bisa mendapatkan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Check Also

mengatasi batuk parah

Mengatasi Batuk Parah menggunakan Kurma Dan Susu

Mengatasi Batuk Parah menggunakan Kurma Dan Susu – Tak hanya dikonsumsi saat berbuka puasa, buah kurma …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *