Home / Sports / Indonesia Anggarkan Rp30 T untuk Asian Games 2018

Indonesia Anggarkan Rp30 T untuk Asian Games 2018

Asian Games 2018

JAKARTA – Indonesia harus mengeluarkan dana cukup besar untuk penyelenggaraan Asian Games 2018. Total mencapai Rp30 trilun yang diperuntukkan pembangunan dan renovasi sarana penunjang hingga penyelenggaraan event yang digelar di Jakarta dan Palembang, 18 Agustus-2 September 2018.

Menurut Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla, dana pembangunan Wisma Atlet Asian Games 2018 di Kemayoran, Jakarta, mencapai Rp7 triliun. Dalam laman resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga (kemenpora.go.id), untuk infrastruktur jangka panjang di Palembang, dana yang dikeluarkan mencapai Rp7 triliun, sedangkan di Jakarta Rp10 triliun.

“Dana pembangunan dan renovasi mencapai Rp27 triliun. Plus Rp4,5 triliun untuk penyelanggaraan Asian Games 2018. Jadi, total mencapai lebih dari Rp30 triliun,” ujar Jusuf Kalla seusai rapat di kantor Kemenpora. (Baca juga: Wapres Bangga, Wisma Atlet Asian Games 2018 Lebih Baik dari Olimpiade Rio).

Wapres yang juga Ketua Tim Pengarah Kepanitiaan Asian Games 2018, mengungkapkan ada tiga hal yang ingin dicapai Indonesia pada Asian Games 2018. Pertama, pembangunan atau renovasi sarana dan prasarana olahraga yang berkelanjutan atau bisa digunakan lagi pada event olahraga lainnya. Kedua, sukses penyelenggaraan, dan terakhir sukses prestasi atlet.

Indonesia Anggarkan Rp30 T untuk Asian Games 2018

“Sukses penyelenggaraan membutuhkan persiapan matang, dari persiapan venue, transportasi, media center, dan juga perangkat SDM. Untuk mencapaian prestasi,dibutuhkan kemampuan fisik dan keterampilan yang prima yang hanya dapat diperoleh dengan melakukan latihan yang serius,” ujar Wapres.

Soal pertimbangan cabang olahraga yang akan dipertandingkan, Wapres menjelaskan, “Cabang olahraga unggulan harus mendapatkan perhatian di Asian Games 2018. kemduian cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpade, dan cabang olahraga yang memungkinkan Indonesia mendapat medali,” imbuhnya.

Indonesia Anggarkan Rp30 T untuk Asian Games 2018

(sha)

Check Also

Lorenzo Belum Sebanding dengan Dovizioso

DOHA – Jorge Lorenzo meraih hasil buruk pada debut kompetitifnya dengan tim Ducati. Pembalap kebangsaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *