Home / Health / Ikuti Teknik Cara Menghilangkan Kutil Ini

Ikuti Teknik Cara Menghilangkan Kutil Ini

Kecil bentuknya namun cukup mengganggu. Itulah kutil. Munculnya kutil sebenarnya disebabkan oleh adanya virus HPV (human papillomavirus) yang menempel pada bagian atas lapisan kulit. Kemudian masuk ke dalam tubuh melalui kulit yang mengalami luka. Meski nampaknya tidak berbahaya, tapi juga tidak sedikit orang yang terganggu dengan keberadaannya dan berusaha mencari cara menghilangkan kutil.

Memiliki kutil juga ternyata bukan hanya perkara malu. Tapi juga bisa cukup menyakitkan. Terutama jika kutil muncul pada daerah-daerah tertentu yang rawan tertekan. Misalnya saja, jenis kutil kelamin yang dapat muncul di daerah sekitar anus, pangkal paha, atau alat kelamin. Atau, kutil plantar yang terletak di daerah telapak kaki. Selain kutil plantar dan kutil kelamin, jenis kutil lainnya adalah kutil periungual, kutil filiform, kutil umum yang biasanya muncul di jari-jari, dan kutil datar.

ikuti teknik cara menghilangkan kutil ini - alodokter

Intip Cara Menghilangkannya                                           

Umumnya kutil dapat hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa bulan atau bahkan beberapa tahun. Namun terkadang, seseorang dapat merasa terganggu dengan kemunculannya, dan memutuskan mencari cara untuk menyingkirkan kutil tersebut. Jika Anda termasuk yang terganggu dengan adanya kutil, berikut ini ada beberapa cara menghilangkan kutil yang bisa Anda coba.

  • Kompres atau memakai tempelan yang mengandung asam salisilat

    Sebelum menggunakan perawatan ini, rendam kutil di dalam air selama setidaknya 15 menit. Kemudian barulah menggunakan tempelan tersebut. Lakukan teknik ini setiap hari, selama beberapa minggu untuk mendapatkan hasilnya.
  • Teknik pembekuan

    Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang cukup cepat, Anda bisa menggunakan cara ini. Semprotkan konsentrat udara dingin tepat pada bagian kutil Anda. Meski pengobatan ini dipercaya dapat menghilangkan kutil dengan cepat, tapi bukan berarti teknik ini cukup ampuh dalam menghilangkan semua jenis kutil.
  • Lakban

    Mungkin Anda sedikit kaget membacanya. Namun, lakban juga termasuk cara yang dipercaya dapat menghilangkan kutil. Caranya adalah dengan menempelkan sebagian kecil lakban tebal pada bagian kutil. Kemudian rendam kutil, setelah sebelumnya membiarkan lakban tertempel di bagian kutil dalam beberapa hari. Setelah direndam, gosok perlahan kutil Anda. Cara ini dapat dilakukan beberapa kali hingga akhirnya kutil menghilang dari kulit Anda.

Selain beragam cara menghilangkan kutil di atas, Anda juga bisa menggunakan obat penghilang kutil yang dijual bebas di apotek. Meski demikian, bagi Anda yang memiliki kondisi penyakit tertentu. Misalnya saja Anda menderita diabetes, sebaiknya hindari mengobati kutil sendiri.

Jika sembarangan melakukan beberapa perawatan penghilang kutil, penderita diabetes dapat mengalami mati rasa atau kebas pada bagian kaki. Hal ini artinya sama saja Anda melukai diri sendiri. Jadi berhati-hatilah. Begitu pula jika kutil timbul di bagian yang cukup sensitif atau bahkan wajah, janganlah coba-coba menghilang kutil sendiri.

Perlu Anda ingat juga, kutil dapat menular dari satu orang ke yang lainnya. Jadi hindari menyentuh tubuh Anda dengan menggunakan jari yang sudah menyentuh kutil. Hindari juga berbagi peralatan pribadi seperti pisau cukur atau handuk. Karena dengan cara seperti ini, virus HPV pada kutil dapat menyebar atau menular.

Kutil tidak hanya dapat menyerang orang dewasa, namun juga anak-anak. Jika sistem kekebalan tubuh sedang tidak baik, maka kontak langsung dengan kutil dapat langsung menular kepada anak. Dan biasanya, jenis kutil yang hinggap pada anak adalah jenis kutil umum yang nanti dapat hilang dengan sendirinya.

Jika Anda memiliki kutil, dan sangat terganggu oleh kemunculannya, maka entah karena terasa sakit atau karena bentuknya yang tidak indah, mungkin Anda bisa mencoba ragam cara menghilangkan kutil di atas. Namun tentu tidak ada salahnya, dan tidak perlu malu untuk mengonsultasikannya ke dokter. Karena tidak semua jenis kutil dapat diatasi dengan cara tersebut. Lagipula, daripada kehadirannya semakin mengganggu, Anda dianjurkan untuk menanganinya dengan tepat.

Check Also

mengatasi batuk parah

Mengatasi Batuk Parah menggunakan Kurma Dan Susu

Mengatasi Batuk Parah menggunakan Kurma Dan Susu – Tak hanya dikonsumsi saat berbuka puasa, buah kurma …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *