Home / Health / Gunting Rambut Sedikit Saja Sudah Memberi Banyak Manfaat

Gunting Rambut Sedikit Saja Sudah Memberi Banyak Manfaat

Kegiatan gunting rambut secara teratur dapat mencegah dan mengatasi rambut yang bercabang. Selain itu, membuang rambut bagian tertentu diyakini dapat membuat rambut menjadi lebih sehat.

Selain mencegah dan mengatasi rambut bercabang, rutin gunting rambut memiliki sederet manfaat lainnya.

gunting rambut - alodokter

Berikut ini berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan apabila rajin melakukan gunting rambut:

Mencegah dan mengatasi rambut bercabang

Rambut memiliki lapisan paling luar dengan tekstur paling keras, yaitu kutikula. Fungsi kutikula adalah melindungi lapisan rambut bagian dalam (korteks). Ketika dilakukan penataan rambut seperti pengeritingan, pelurusan, bleaching, ataupun pewarnaan, kutikula dapat rusak atau terbuka sehingga tampaklah korteks yang  bertekstur kasar. Karena itulah rambut dapat tampak kasar, kusam, dan kering. Terlalu sering terpapar bahan kimia dari sampo, polusi udara, dan sinar UV dapat semakin melemahkan korteks dan pada akhirnya membuat korteks patah sehingga rambut menjadi patah.

Kondisi patah ini bisa terjadi pada bagian rambut yang ada di dekat kulit kepala atau pada bagian ujung rambut. Rambut bercabang ini adalah kondisi patahnya rambut yang terjadi pada bagian ujung. Walaupun conditioner rambut tertentu dapat membantu melingkupi ujung rambut yang bercabang, tetap saja hal tersebut tidak benar-benar memperbaiki struktur rambut.

Lalu, bagaimana jika rambut telanjur bercabang? Jangan khawatir. Disarankan untuk rutin melakukan gunting rambut selama 6-8 minggu sekali untuk menangani dan mencegah rambut bercabang.

Rambut menjadi lebih cepat panjang

Ada anggapan bahwa makin sering memotong ujung rambut, rambut akan cepat panjang. Oleh karena itu ada orang yang sengaja memotong ujung rambutnya sebulan sekali. Faktanya, rambut tumbuh sepanjang setengah inci tiap bulannya. Jika Anda memotongnya tiap bulan, itu berarti sama saja rambut Anda tidak bertambah panjang.

Di sisi lain, percabangan pada rambut dapat berkembang dari hanya di ujung rambut hingga naik ke batang rambut. Hal ini dapat mengganggu pertumbuhan rambut. Memotong sedikit ujung rambut yang mengalami percabangan dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut.

Jadi, disarankan untuk gunting rambut secara rutin tiap 6-8 minggu sekali saja. Pada intinya, jika Anda ingin memanjangkan rambut, pastikan dahulu bahwa rambut dalam kondisi sehat. Gunting rambut yang rusak saja.

Membuat rambut tampak lebih tebal

Dibandingkan rambut yang panjang, rambut pendek dapat terlihat lebih tebal karena rambut tidak menjuntai.Karena itu, memotong pendek rambut disarankan bagi orang-orang yang mengalami rambut rontok, termasuk pada para pasien yang menjalani kemoterapi di mana salah satu efek samping yang mungkin terjadi adalah kerontokan rambut.

Kegiatan gunting rambut kadang kala seakan-akan tidak berarti apa-apa atau terlihat sekadar memangkas rambut sedikit saja. Bahkan, melakukan gunting rambut secara rutin mengesankan telah menyalahi niat Anda yang ingin memanjangkan rambut. Sesungguhnya, kegiatan tersebut dapat menjadisalah satu upaya agar rambut Anda tetap terawat, sehat, dan cantik.

Check Also

mengatasi batuk parah

Mengatasi Batuk Parah menggunakan Kurma Dan Susu

Mengatasi Batuk Parah menggunakan Kurma Dan Susu – Tak hanya dikonsumsi saat berbuka puasa, buah kurma …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *