Home / Tech / Giliran IBF Larang Petinjunya Berlaga di Olimpiade Rio

Giliran IBF Larang Petinjunya Berlaga di Olimpiade Rio

Selasa, 21 Juni 2016 − 11:03 WIB

NEW JERSEY – Polemik petinju profesional berlaga di Olimpiade 2016 terus berlanjut. Setelah Dewan Tinju Dunia (WBC) melarang petarungnya berlaga di Rio de Janeiro, kini giliran Federasi Tinju Internasional (IBF) yang mengambil keputusan serupa.

IBF mengambil langkah seperti WBC pada Selasa (21/6/2016). Dengan alasan mengusung sikap sportif, mereka melarang petinju yang di bawah naungannya berlaga di Rio, Agustus mendatang.

Ada pun sanksi yang mereka jatuhkan andai petarungnya tetap bandel adalah menghapus peringkat IBF selama setahun. Selain itu sanksi berupa pelucutan gelar juga akan mereka lakukan.

“Membuat keputusan itu tidak sulit. Kami merasa IBF perlu mengambil sikap dengan melarang petinju profesional melawan petinju amatir dengan alasan keselamatan, yang jadi komitmen kami untuk membuat olahraga ini tetap aman untuk para petarung,” ucap Presiden IBF Daryl Peoples seperti dikutip Sydney Morning Herald.

Sebelumnya Asosiasi Tinju Internasional sudah memutuskan petinju profesional bisa berlaga di Olimpiade Rio. Namun beberapa nama besar mendapat larangan dari otoritas sabuk masing-masing.

Misalnya juara IBF kelas berat Anthony Joshua, kelas berat ringan Sergey Kovalev, menengah Gennady Golovkin dan welter Kell Brook tidak ada yang akan tampil di Rio. Joshua bahkan menilai rencana tersebut berbahaya mengingat kekuatan mereka jelas tak sebanding dengan para petinju amatir. (Baca Juga: WBC Siapkan Sanksi Berat bagi Petinju Profesional yang Ikut Olimpiade Rio)

(aww)

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘Small-Leaderboard-468×60’); });

Check Also

Kocak, saat Jokowi Ditanya Netizen Soal Hokage Ke-8 ‘Naruto’

JAKARTA – Akun Youtube Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengunggah video yang menjawab pertanyaan dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *