Home / Health / Fakta Tentang Ciri Hamil 1 Minggu

Fakta Tentang Ciri Hamil 1 Minggu

Kehamilan merupakan salah satu berita menggembirakan yang ditunggu-tunggu pasangan suami istri. Tak heran jika banyak yang ingin mengetahui secepatnya yaitu dengan berusaha memperhatikan ciri hamil 1 minggu.

Gejala awal kehamilan kadang tampak samar. Umumnya, gejala kehamilan akan dimulai saat seorang terlambat haid yaitu sekitar minggu ke empat kehamilan atau satu bulan kehamilan. Saat itu, sebagian wanita akan merasakan gejawa awal kehamilan seperti kram perut serta bercak darah, kemudian disusul mual, muntah, dan gejala awal kehamilan lain pada minggu-minggu selanjutnya.

Fakta tentang Ciri Hamil 1 minggu - AlodokterFakta tentang Ciri Hamil 1 minggu - Alodokter

Perhitungan Kehamilan

Jika kehamilan dihitung selama 40 minggu sejak hari pertama haid terakhir (HPHT), maka seorang wanita belum benar-benar hamil pada minggu pertama. Sehingga faktanya, sulit untuk menentukan ciri hamil 1 minggu.

Kehamilan baru terjadi yaitu pada akhir minggu ke-2 atau awal minggu ke-3, tergantung dari masa subur atau ovulasi. Saat ovulasi, maka ovarium akan melepaskan sel telur yang bergerak ke arah tuba fallopi. Untuk memperoleh kehamilan, sel telur harus bertemu sperma pada tuba fallopi.

Siklus ovulasi yang akan menentukan tanggal pembuahan, umumnya terjadi pada hari ke-13 sampai ke-20 setelah HPHT. Namun, ovulasi juga tergantung dari seberapa lama siklus haid seseorang. Secara umum, siklus menstruasi sekitar 28 hari, namun sebagian wanita memiliki siklus yang tidak sama.

Untuk mengetahui pola siklus menstruasi bisa dengan mencatat tanggal menstruasi selama beberapa bulan, mengukur suhu tubuh yang lebih tinggi menjelang ovulasi, atau mengamati tekstur cairan vagina yang tampak lebih jernih dan licin. Cara yang lebih mudah yaitu dengan memanfaatkan alat tes ovulasi dengan menggunakan urine.

Gejala Awal Kehamilan

Selain tidak dapat haid, beberapa minggu pertama setelah ovulasi sebagian wanita mengalami beberapa gejala awal kehamilan. Seperti payudara yang tampak bengkak, sekaligus sensitif dan nyeri saat disentuh. Tapi ini berarti terjadinya gejala kehamilan tidak pada minggu pertama sejak HPHT, bukan?

Selain itu, tiga minggu setelah ovulasi, sebagian wanita merasakan mual dengan atau tanpa muntah. Tidak hanya pagi hari, mual semacam ini bisa terjadi kapan saja. Hal itu kemungkinan berkaitan dengan hormon kehamilan.

Ada pula gejala awal kehamilan yang sering dikeluhkan seperti semakin sering buang air kecil, merasa lelah, sensitif terhadap aroma tertentu, dan keinginan mengonsumsi makanan tertentu.

Perubahan hormon saat hamil, juga dapat memicu sakit kepala. Sebagian ibu hamil juga ada yang tiba-tiba merasakan sakit pinggang bawah, yang kemungkinan akan berlanjut selama kehamilan, terutama karena penambahan berat badan dan perubahan postur tubuh. Hal ini kadang diikuti dengan sembelit dan kembung karena sistem pencernaan pada ibu hamil melambat.

Meski sulit menentukan ciri hamil 1 minggu, namun tidak perlu khawatir. Kabar gembira ini dapat Anda segera pastikan beberapa minggu kemudian. Segera periksakan ke dokter kandungan terdekat.

googletag.cmd.push(function(){googletag.display(“div-gpt-ad-1450067495602-0”);});

Check Also

Apa Sajakah Tanda Dari Herpes Genital yang Perlu Kita Waspadai?

Apa Sajakah Tanda Dari Herpes Genital yang Perlu Kita Waspadai? – Salah satu penyakit infeksi menular …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *