Home / Tech / Ekspedisi Gerhana Matahari Total Resmi Dimulai

Ekspedisi Gerhana Matahari Total Resmi Dimulai

JAKARTA – Menteri Koordinator bidang Kemaritiman (Menko Maritim) Rizal Ramli, melepas peserta ekspedisi Gerhana Matahari Total (GMT) di Terminal Nusantara Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara. Peserta dengan jumlah 1.125 orang itu akan berangkat menggunakan Kapal Kelud menuju perairan Bangka Belitung.

“Saya bangga sekali karena di sini ada ratusan SMA terbaik sejabodetabek, selamat,” kata Rijal Ramli dalam sambutannya, Selasa (8/3/2016).

Tujuan utama dari diadakannya ekspedisi GMT ini agar masyarakat, pelajar khususnya, mencintai maritim dan memiliki wawasan yang luas mengenai kemaritiman. Memang sebagian peserta ekspedisi ini adalah pelajar dari 30 sekolah unggulan di Jabodetabek.

Menurut Rizal, negara disebut kuat bila sektor kemaritimannya kuat. Dia mencontohkan Inggris dan Amerika yang pada abad 19 dan 20, menguasai dunia berkat kekuatan sektor maritim.

“Abad 21 ini milik Asia. Siapa yang menguasai laut, itu yang menguasai dunia,” terangnya. Pelepasan peserta ekspedisi ditandai dengan pemasangan syal kepada perwakilan ekspedisi.

Seperti diketahui, Indonesia adalah satu-satunya negara daratan yang dilintasi gerhana matahari esok hari. Para peserta ekspedisi ini akan menyaksikan fenomena itu dari tengah lautan.

Check Also

Kocak, saat Jokowi Ditanya Netizen Soal Hokage Ke-8 ‘Naruto’

JAKARTA – Akun Youtube Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengunggah video yang menjawab pertanyaan dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *