Home / Tech / Diet Tanpa Olahraga Dapat Dilakukan untuk Menurunkan Berat Badan

Diet Tanpa Olahraga Dapat Dilakukan untuk Menurunkan Berat Badan

Diet tanpa olahraga ternyata dapat dilakukan. Biasanya, diet dilakukan dengan cara mengurangi asupan kalori dan diimbangi dengan olahraga untuk membakar kalori yang ada. Namun, bagi orang yang memiliki alasan kesehatan, berolahraga untuk membakar kalori dalam rangka berdiet bisa ditiadakan.

Jika memilih diet tanpa olahraga, berarti Anda harus benar-benar memerhatikan asupan kalori. Kabar baiknya, pengurangan kalori melalui perubahan diet tampaknya menurunkan berat badan lebih efektif daripada aktivitas fisik dan olahraga.Namun tentu saja diet yang dikombinasikan dengan olahraga akan membantu membakar kalori lebih banyak.

diet tanpa olahraga - alodokterdiet tanpa olahraga - alodokter

Jika Anda memilih diet tanpa olahraga, maka ada beberapa cara yang dapat dilakukan, yaitu:

Makan lebih lambat

Jangan terburu-buru saat makan. Nikmati tiap gigitan dan kunyah perlahan-lahan. Makan dengan lambat berarti memberi kesempatan pada tubuh untuk mengirimkan sinyal ke otak bahwa perut sudah penuh. Otak juga akan lebih mudah memberi sinyal jika Anda mulai makan berlebihan. Cara ini dipandang sebagai diet yang mudah.

Konsumsi protein tanpa lemak

Protein memungkinkan Anda untuk menahan nafsu makan dan membantu Anda merasa puas lebih lama. Penuhi kebutuhan protein Anda dengan mengonsumsi sumber protein tanpa lemak, seperti tahu, telur, daging unggas, daging sapi, produk susu, dan kacang-kacangan.

Konsumsi camilan sehat

Jika Anda ingin mengonsumsi camilan, pilihlah camilan sehat yang rendah kalori. Misalnya yoghurt, telur rebus, atau ¼ cangkir kacang. Mengonsumsi camilan dapat membantu Anda tetap kenyang sampai pada waktu makan utama tiba. Pada saat menyantap makanan utama, nafsu makan Anda menjadi tetap terkontrol. Waktu menyantap camilan yang tepat adalah beberapa jam di antara waktu makan utama.

Makan lebih banyak sayuran

Serat dan air yang ada pada sayuran dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Sebab, serat dan air akan membuat Anda merasa kenyang dengan kalori yang lebih sedikit dibanding makanan lain. Kedua zat ini juga akan menggantikan kalori yang Anda dapatkan apabila menyantap makanan lain.

Tidur cukup

Menambah jam tidur malam agar kebutuhan akan istirahat tercukupi dapat membantu diet. Tercatat kurang lebih 6 kg berat badan yang berkurang dalam setahun apabila Anda menambah jam tidur tiap harinya. Alasannya, menambah waktu tidur berarti mengurangi waktu luang Anda yang biasanya digunakan untuk bersantai sambil makan camilan tanpa berpikir panjang.

Pilih cara memasak yang sehat

Cara memasak juga berpengaruh kepada keberhasilan diet. Hindari teknik memasak makanan dengan cara digoreng menggunakan banyak minyak, menggunakan saus, atau terlalu banyak bumbu. Makanan yang diolah dengan cara dikukus, direbus, dan dipanggang akan lebih sehat. Jika Anda tetap harus menggunakan minyak, gunakan minyak zaitun atau canola.

Minum cukup air putih

Kadang-kadang rasa haus terasa seperti rasa lapar. Minumlah air dalam jumlah yang cukup agar rasa haus tidak diterjemahkan menjadi rasa lapar dan membuat Anda menjadi ingin makan. Air juga berfungsi menghidrasi tubuh dan penting dalam membantu menurunkan berat badan atau diet tanpa olahraga. Yang perlu diingat, pilihlah air putih dan batasi minum air yang dicampur gula atau krim.

Memantau berat badan

Pantau berat badan Anda seminggu sekali untuk mengukur seberapa efektif program diet ini. Penurunan berat badan yang normal dan aman adalah 0.5-1 kg per minggu. Jangan berharap terlalu cepat dalam menurunkan berat badan sebab penurunan yang perlahan-lahan justru akan bertahan dalam jangka panjang.

Cari pendukung

Bergabunglah bersama teman-teman yang juga memiliki program yang sama. Bersama mereka yang memiliki keinginan sama, Anda akan mendapatkan dukungan sehingga perjuangan dalam diet tanpa olahraga akan terasa lebih ringan. Anda pun dapat termotivasi apabila ada teman yang pencapaiannya lebih tinggi.

Beri penghargaan

Apabila Anda telah berhasil menurunkan berat badan sesuai target jangka pendek, berilah penghargaan untuk diri sendiri. Misalnya, membeli baju yang selama ini diidam-idamkan, pijat di spa, atau membeli sepatu. Anda harus ingat, jangan pernah memberi penghargaan berupa makanan karena justru berpotensi merusak hasil jerih payah diet Anda.

Diet tanpa olahraga pada dasarnya mudah dilakukan, asalkan Anda mengetahui caranya. Selain itu, Anda juga dituntut untuk disiplin melakukannya demi mencapai hasil yang maksimal. Walau demikian, diet disertai olahraga juga penting karena dengan berolahraga, berat badan yang sudah diturunkan dapat terjaga

googletag.cmd.push(function(){googletag.display(“div-gpt-ad-1450067495602-0”);});

Check Also

Kocak, saat Jokowi Ditanya Netizen Soal Hokage Ke-8 ‘Naruto’

JAKARTA – Akun Youtube Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengunggah video yang menjawab pertanyaan dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *