Home / Health / Cocoa Punya Flavonoid yang Bagus Untuk Tubuh

Cocoa Punya Flavonoid yang Bagus Untuk Tubuh

Selamat bagi para pecinta cokelat atau bahkan cocoa. Anda baru saja menabung banyak manfaat yang bagus untuk tubuh. Pasalnya, cocoa mengandung flavonoid yang kaya manfaat. Tak hanya baik untuk kesehatan jantung, cocoa juga dipercaya membuat tubuh lebih langsing.

Bagi Anda pecinta cokelat pasti sudah tahu bahwa biji cocoa merupakan salah satu bahan dasar yang digunakan untuk membuat cokelat. Selain itu, cocoa juga dapat dinikmati dalam bentuk minuman atau biasa disebut dengan cocoa drink. Sangat nikmat dan bermanfaat, dengan catatan, kandungan cocoa di dalamnya masih mendominasi.

cocoa punya flavonoid yang bagus untuk tubuh - alodokter

Misalnya ingin mengonsumsi cokelat, pilihlah cokelat murni yang terbuat dari kandungan cocoa yang padat tanpa cocoa butter dan lemak. Kenapa? Karena semakin tinggi kandungan cocoa tanpa lemak di dalamnya, semakin tinggi juga flavonoid di dalamnya.

Ada berbagai macam cokelat yang bisa Anda temukan di pasaran. Dan kandungan flavonoid di dalamnya berbeda-beda di setiap mereknya. Sering kali, kandungan flavonoid dalam cocoa akan berkurang atau rusak selama proses pembuatan. Jika dibandingkan dengan jenis cokelat lainnya, cokelat hitam memiliki kandungan flavonoid lebih tinggi dibandingkan jenis cokelat lainnya.

Nikmati Cocoa dan Ambil Manfaatnya

Penasaran dengan manfaat yang terkandung di dalam cocoa? Di bawah ini adalah beberapa manfaat cocoa yang patut Anda ketahui, agar momen menikmati cocoa lebih menyenangkan sekaligus menenangkan.

  • Tekanan darah tinggi

    Bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi, cobalah untuk mengonsumsi cocoa. Penelitian menunjukkan, mengonsumsi produk olahan cocoa atau cokelat hitam selama sekitar 4 bulan dapat menurunkan hipertensi. Tidak hanya itu, konsumsi cocoa juga dapat mencegah penyumbatan aliran darah dan meningkatkan peredaran darah ke jantung dan otak.
  • Kolesterol terjaga

    Awali pagi Anda dengan cocoa hangat dan dapatkan manfaatnya. Mengonsumsi cocoa ternyata juga dapat meningkatkan kolesterol baik (LDL) dan menurunkan kolesterol jahat (HDL).
  • Meningkatkan daya ingat

    Tidak hanya baik untuk tekanan darah dan kolesterol, mengonsumsi cocoa juga dapat meningkatkan daya ingat. Kandungan flavonoid di dalam cocoa dapat meningkatkan fungsi bagian otak yang berpengaruh dalam masalah ingatan yang berkaitan dengan usia. Selain mengonsumsi cocoa hangat, Anda juga bisa memilih cokelat hitam (dark chocolate) dengan dosis sehat yaitu 7 batang cokelat atau setara dengan 138 mg.

Selain beberapa manfaat di atas, cocoa juga diperkirakan dapat memberikan manfaat lain. Misalnya mengurangi konstipasi, meningkatkan fungsi organ hati, mengurangi kelelahan, dan mengurangi resistensi insulin. Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan dalam hal ini.

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa cokelat dapat membahayakan tubuh. Mulai dari meningkatkan kolesterol jahat hingga membuat tubuh gemuk. Hal itu memang ada benarnya. Tapi, jangan samakan semua cokelat yang biasa dijual dengan cokelat yang mengandung banyak cocoa atau bahkan bubuk cocoa murni. Karena seperti yang dijelaskan di atas, flavonoid di dalam cocoa cukup memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Jadi, sudah mulai jatuh cinta dengan cocoa? Yuk, mulai hari Anda dengan segelas cocoa hangat.

Check Also

mengatasi batuk parah

Mengatasi Batuk Parah menggunakan Kurma Dan Susu

Mengatasi Batuk Parah menggunakan Kurma Dan Susu – Tak hanya dikonsumsi saat berbuka puasa, buah kurma …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *