Home / Health / Cedera Tulang Tengkorak Bisa Berakibat Fatal

Cedera Tulang Tengkorak Bisa Berakibat Fatal

Struktur tulang yang membentuk kepala pada kerangka manusia dinamakan dengan tulang tengkorak. Keberadaan tengkorak penting untuk melindungi dan otak dan mendukung struktur wajah.

Untuk fungsi sebagai pelindung otak dari potensi cedera, tulang tengkorak yang berbentuk tempurung ini membentuk rongga pelindung yang mengelilingi dan menjadi tempat yang aman untuk otak dan batang otak. Kumpulan tulang yang membentuk pelindung otak ini dinamakan dengan neurokranium. Selain neurokranium, tulang tengkorak juga terdiri dari viskerokranium atau kumpulan tulang pembentuk wajah.

cedera tulang tengkorak bisa berakibat fatal - alodoktercedera tulang tengkorak bisa berakibat fatal - alodokter

Semua bagian tulang tengkorak ini kemudian disatukan oleh sebuah sistem selayaknya jahitan sendi sinartrosis (sendi yang tidak bisa mengalami pergerakan) yang dibentuk oleh pengerasan tulang. Keberadaan serat Sharpey kemudian memungkinkan tengkorak memiliki sedikit kelenturan.

Kecelakaan yang Bisa Mencederai Tulang Tengkorak

Meski tulang tengkorak didesain dengan sangat baik dan kuat, namun tetap berpotensi untuk mengalami cedera. Cedera atau trauma pada tulang tengkorak ini biasanya dapat menimbulkan keretakan. Karena struktur tulang tengkorak yang kokoh dan padat, maka akan benturan yang kuatlah yang bisa menyebabkan keretakan.

Biasanya, tulang tengkorak mengalami kerusakan ketika mengalami kecelakaan kendaraan bermotor atau jatuh dari ketinggian. Hal lain yang juga bisa menjadi penyebab terjadinya kerusakan tulang tengkorak adalah pukulan langsung ke kepala.

Jenis Kerusakan pada Tulang Tengkorak

Keretakan atau fraktur tulang kepala dibedakan menjadi beberapa jenis. Pengelompokan ini dilakukan dengan melihat kekuatan yang membuat kerusakan, lokasi tempat terjadinya luka, dan bentuk benda yang menyebabkan terjadinya kerusakan di kepala tersebut. Di bawah ini adalah beberapa jenis kerusakan pada tulang tengkorak.

  • Fraktur tertutup

Kerusakan pada tulang tengkorak dinamakan demikian jika kulit penutup daerah yang retak tidak mengalami robekan atau menyebabkan luka menjadi terbuka.

  • Fraktur terbuka

Berbeda dengan fraktur tertutup, kondisi cedera tulang tengkorak ini diikuti oleh rusaknya kulit di tempat terjadinya retakan. Disebut fraktur terbuka karena tulang yang mengalami kerusakan terlihat atau muncul dari robekan kulit.

  • Fraktur dasar tengkorak atau basis cranii

Fraktur jenis ini terjadi pada daerah daerah dasar tulang tengkorak. Area ini mencakup daerah di sekitar mata, telinga, hidung, atau tengkorak bagian belakang yang berdekatan dengan tulang belakang.

  • Fraktur depresi

Kerusakan lain yang bisa menimpa tulang tengkorak adalah fraktur depresi. Dinamakan demikian untuk menggambarkan adanya fragmen patahan terdorong kedalam rongga otak.

Penanganan Kerusakan pada Tulang Tengkorak

Dalam menangani fraktur tulang tengkorak, penentuan jenis kerusakan di atas menjadi sangat krusial. Selain jenis kerusakan yang terjadi, penanganan juga akan ditentukan berdasarkan seberapa parah fraktur yang diderita. Untuk bisa kembali pulih, waktu yang diperlukan bisa mencapai berbulan-bulan. Hal ini juga bergantung pada usia penderita. Makin muda usia seseorang yang mengalaminya, makin cepat kemungkinan mendapat kesembuhan.

Pada kasus ketika pasien yang mengalami retakan tulang tengkorak juga mendapatkan luka terbuka pada kulit, maka luka tersebut biasanya perlu dibersihkan dulu. Pembersihan luka terbuka perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya infeksi. Selain itu, dokter kemungkinan akan memberikan obat untuk meredakan gejala yang mungkin muncul seperti nyeri dan mual. Operasi bedah mungkin juga dibutuhkan jika fraktur pada tulang tengkorak menyebabkan adanya bagian tulang yang berpindah tempat atau pecah.

Cedera pada tulang tengkorak tentu saja bisa berimplikasi serius terhadap kehidupan penderita masa saat ini maupun pada masa depan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk meminimalkan risiko yang ada dengan cara melindungi kepala menggunakan helm saat menjalani aktivitas yang berpotensi menimbulkan cedera pada kepala.

googletag.cmd.push(function(){googletag.display(“div-gpt-ad-1450067495602-0”);});

Check Also

mengatasi batuk parah

Mengatasi Batuk Parah menggunakan Kurma Dan Susu

Mengatasi Batuk Parah menggunakan Kurma Dan Susu – Tak hanya dikonsumsi saat berbuka puasa, buah kurma …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *