Android
Posted By doko

Cara Mudah Membuat Game Android Sendiri Tanpa Coding


Cara Mudah Membuat Game Android Sendiri Tanapa Coding – Pada era digital seperti sekarang ini perkembangan game semakin pesat, semua itu tidak terlepas dari semakin banyaknya para pengguna smartphone Android. Tak ayal, para developer baru bermunculan yang mampu menciptakan sebuah game proffesional. Apakah pernah terlintas di benak anda untuk menjadi seorang developer yang mampu mengembangkan sebuah game sendiri, untuk meramaikan khasanah per-gamersan di Android.

Nah, pada kesempatan ini saya akan memberikan ulasan tentang cara membuat game Android sendiri yang bisa anda lakukan tanpa perlu skill coding dan gak pake ribet. Tanpa skill coding disini dalam artian, anda tidak perlu mengerti atau memahami bahasa pemrograman yang luman ribet. Kita hanya akan memanfaatkan sebuah situs Gamemaker online yaitu AppGeyser. Game yang akan anda ciptakan ini merupakan game sederhana. Tetapi walaupun sederhana, game-nya lumayan seru dan tidak membosankan untuk di mainkan pada waktu senggang.

Selain itu, anda juga dapat memonitisasi game Android anda tersebut dengan menggunakan AdMob agar anda bisa mendapatkan penghasilan. Tapi, ada beberapa syarat yang harus anda penuhi terlebih dahulu sebelum anda bisa menempelkan kode AdMob di game anda tersebut. Lalu persyaratan apa saja yang harus dipenuhi? Saya akan menjelaskannya dibagian bawah postingan ini. Berikut cara mudah membuat game Android sendiri tanpa coding gak pake ribet.

Membuat Game Android Sederhana Sendiri Tanpa Coding

1. Langkah awal silahkan kunjungi official site AppGeyser.
2. Kemudian pada bagian navigasi menu pilih “GameMaker”.
membuat game android sendiri

3. Lalu anda bisa menentukan game genre apa yang akan anda buat. Saya akan mencontohkan game Butterflies.

membuat game android sendiri

4. Kemudian anda akan di arakan pada halaman App Setting. Pada halaman ini, anda dapat merubah icon-icon yang terdapat di dalam game, merubah warna text, dan disitu terdapat pula tampilan priview dari game anda. Jika anda tidak mau ribet gunakan saja icon default yang sudah tersedia. Jika semuanya semuanya sudah di ataur, pilih Next untuk melanjutnkan.

membuat game android sendiri

5. Selanjutnya memberi nama untuk game anda, silahkan isi namanya sesuai selera. Jika sudah, pilih Next untuk lanjut.

membuat game android sendiri

6. Beri deskripsi game. Silahkan anda deskripsikan game anda tersebut.

membuat game android sendiri

7. Kemudian mengganti icon game, dengan icon anda sendiri. Pilih pada opsi “Custom Icon”, ukuran icon harus 512x512px.

membuat game android sendiri

8. Jika semuanya sudah beres, pilih “Create App” untuk memulai membuild game anda.

9. Langkah terakhir, jika anda belum memiliki akun di AppGeyser, anda dapat membuat akun baru dengan email atau akun Facebook. Kemudian anda akan di arahkan ke halaman dshboard untuk bisa mengunduh game anda.

Samapai disini anda sudah berhasil membuat game Android sendiri. Nah, seperti yang saya jelaskan di atas, bahwa anda dapat memonetisasi game anda dengan AdMod namun harus memenuhi beberapasayarat.

Syarat yang harus di penuhi adalah game anda harus sudah di unduh oleh pengguna sebanyak 100 kali dan 3 kali rasio penginstalan.

membuat game android sendiri

Demikian lah ulasan singkat tentang cara mudah membuat game Android sendiri tanpa coding. Semoga postingan ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, salam!.