Home / Tech / Cara Menghilangkan Mual di Sini Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Cara Menghilangkan Mual di Sini Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Agar cara menghilangkan mual bisa diterapkan dengan tepat, sebelumnya kita harus mengetahui apa yang dimaksud dengan mual. Mual adalah sensasi kegelisahan dan ketidaknyamanan yang disertai dorongan rasa ingin muntah. Biasanya berlokasi di perut bagian atas.

Meski kebanyakan rasa mual kemudian diikuti oleh muntah, namun ada juga mual yang tidak diakhiri dengan muntah. Namun jika mual dibiarkan berkepanjangan, maka bisa membuat seseorang menjadi lemas karena kehilangan energi.

cara menghilangkan mual di sini bisa dilakukan sendiri di rumah - alodoktercara menghilangkan mual di sini bisa dilakukan sendiri di rumah - alodokter

Beberapa Penyebab Umum Muntah

Gejala mual sendiri dianggap tidak menyakitkan, namun akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman di dada, perut bagian atas, dan di belakang tenggorokan. Sensasi mual sendiri sebenarnya berpusat di otak yang kemudian direspons dengan muntah oleh tubuh. Hanya saja, karena banyaknya rangsangan yang bisa menyebabkan mual, maka tidak mudah untuk menentukan penyebab mual yang berkepanjangan.

Mual yang biasanya diikuti oleh muntah bisa diakibatkan oleh hal-hal yang bersifat psikologis dan fisik. Terkait penyebab berupa masalah fisik, mual bisa saja disebabkan oleh masalah di otak atau saluran pencernaan bagian atas. Organ-organ yang terletak di saluran pencernaan bagian atas adalah kerongkongan, lambung, usus kecil, pankreas, dan kantung empedu. Selain organ pada sistem pencernaan, mual juga bisa muncul akibat penyakit yang menimpa organ di luar sistem tersebut.

Beberapa kondisi yang sering dikaitkan dengan gejala mual pada seseorang antara lain:

  • Diare
  • Demam
  • Sakit kepala
  • Perut penuh gas
  • Pusing
  • Sakit perut
  • Efek samping minum obat
  • Kehamilan
  • Mabuk laut
  • Infeksi virus
  • Keracunan zat alkohol

Cara Menghilangkan Rasa Mual Tanpa Obat

Untuk menghilangkan rasa mual yang mendera, ada beberapa cara yang direkomendasikan untuk dilakukan. Beberapa cara tersebut antara lain:

  • Minum air

Jika seseorang mengalami gejala mual, sebaiknya berikan dia cairan bening selama 24 jam pertama. Beberapa cairan bening yang direkomendasikan adalah air putih, kaldu bening, minuman olahraga, es mambo, dan jeli. Tujuan dari pemberian cairan ini adalah untuk menghindari dehidrasi. Selain itu, penting untuk mengistirahatkan perut selama proses pemberian cairan ini.

Meski begitu, disarankan untuk jangan terlalu banyak memberi cairan dalam satu waktu agar perut tidak mengalami perenggangan. Jumlah cairan yang bisa ditolerir oleh perut adalah 30-60 ml tiap 10-15 menit. Jika hal ini terjadi pada bayi dan anak-anak, maka jumlahnya sepertiga dari 30 ml. Perhatikanlah bahwa perenggangan perut justru berpotensi menyebabkan mual memburuk.

  • Diet makanan tertentu

Cara menghilangkan mual bisa dilakukan dengan menjalani diet makanan tertentu. Adapun makanan yang biasanya digunakan adalah pisang, nasi, saus apel (applesauce), dan roti panggang. Hal ini terutama diberikan kepada  mereka yang mengalami mual dan sedang menjalani masa pemulihan infeksi saluran cerna.

Pisang, nasi, saus apel, dan roti panggang dipilih karena makanan ini mudah dicerna dan bisa diterima oleh mayoritas orang. Namun, diet makanan ini bersifat rendah protein, lemak, dan serat sehingga tidak ideal untuk dijadikan diet jangka panjang jika dilihat dari segi keseimbangan gizinya. Diet ini juga sebaiknya tidak dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan.

  • Minum ramuan teh jahe

Selain cara di atas, menikmati teh yang dicampur jahe kemungkinan bisa meredakan mual. Jahe sendiri sudah lama dipakai untuk mengobati mual yang disebabkan oleh kemoterapi dan operasi. Orang dewasa pada umumnya diperbolehkan untuk menikmati 4-6 cangkir teh jahe per hari.  Namun, meski teh jahe dianggap aman bagi ibu hamil yang juga rentan mengalami mual, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter dan usahakan untuk meminumnya tidak lebih dari 1-2 cangkir sehari.

Jika cara menghilangkan mual di atas tidak bisa memperbaiki keadaan, maka sebaiknya segera hubungi dokter. Menghubungi dokter juga sebaiknya dilakukan saat mual disertai dehidrasi dan penyakit yang menyebabkan muntah.

googletag.cmd.push(function(){googletag.display(“div-gpt-ad-1450067495602-0”);});

Check Also

Kocak, saat Jokowi Ditanya Netizen Soal Hokage Ke-8 ‘Naruto’

JAKARTA – Akun Youtube Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengunggah video yang menjawab pertanyaan dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *