Home / Health / Cara Menghilangkan Komedo di Hidung dengan Aman

Cara Menghilangkan Komedo di Hidung dengan Aman

Komedo pada hidung sering membuat orang yang mengalaminya menjadi tidak nyaman. Jika Anda sedang mengalaminya, jangan cemas, ada beberapa cara menghilangkan komedo di hidung yang bisa diandalkan.

Komedo adalah sumbatan pada folikel rambut pada kulit. Sumbatan ini dapat terbentuk serpihan kulit atau keratin yang berpadu dengan minyak.

komedo-alodokterkomedo-alodokter

Pada umumnya, komedo dikenal dalam dua jenis.

  • Komedo/bintik hitam: komedo yang terbuka.
  • Komedo/bintik putih: komedo yang tertutup kulit.

Komedo umumnya muncul pada masa-masa pubertas, yaitu saat produksi minyak kelenjar sebasea (kelenjar minyak) meningkat. Perubahan hormon masa pubertas adalah salah satu faktor utama munculnya komedo. Selain itu, faktor pemicu atau faktor yang memperburuk komedo lain adalah masa menstruasi, kehamilan, penggunaan pil KB, keringat berlebih, penggunaan kosmetik, dan penggunaan beberapa jenis obat steroid antijerawat.

Pilih Cara Menghilangkan Komedo

Ada berbagai cara menghilangkan komedo pada hidung. Mulai dari melakukan pengangkatan sendiri di rumah atau dengan memeriksakan ke dokter kulit atau dermatologis. Anda dapat memilih cara yang paling sesuai dengan jenis komedo dan kulit Anda.

Menggunakan ekstraktor komedo

Cuci bersih wajah Anda. Dengan hati-hati, dekatkan wajah pada uap panas dari air yang mendidih. Uap ini akan membuka pori-pori sehingga komedo dapat diangkat dengan lebih mudah. Ekstraktor komedo dapat diperoleh di toko-toko alat kecantikan pada umumnya. Pastikan untuk membersihkan dan mensterilkannya secara teratur serta tidak menggunakan ekstraktor ini secara bergantian.

Cara termudah untuk melakukan sterilisasi adalah dengan membersihkannya dengan alkohol. Dengan berkaca pada cermin, tekan permukaan kulit hidung di area komedo berada, kemudian dengan tangan yang lain memegang ekstraktor. Perlahan keluarkan komedo dari pori hingga ke akarnya. Untuk melembapkan, oleskan sedikit penyegar wajah atau es pada pori yang komedonya telah terangkat. Setelah itu, sterilkan ekstraktor sebelum beralih ke komedo lain. Begitu seterusnya. Hindari memakaikan produk riasan wajah hingga beberapa waktu setelah komedo terangkat. Sayangnya, jika tidak dilakukan dengan tepat, cara ini cukup berisiko menyebabkan bekas jaringan parut (scar) pada kulit.

Strip pori

Strip pori atau pore pack adalah strip yang ditempelkan pada hidung selama beberapa saat untuk kemudian dikelupas. Komedo yang tertempel akan terangkat bersamaan dengan strip. Alat yang dapat dibeli di supermarket ini merupakan salah satu metode yang murah dan cepat serta tepat digunakan pada kulit berminyak atau kombinasi. Hal yang patut diwaspadai adalah metode ini kemungkinan dapat ikut mengangkat lapisan epidermis kulit hidung.

Menggunakan bahan alami

Anda dapat mencoba menggunakan bahan-bahan alami untuk membantu menghilangkan komedo. Perlu diingat bahwa bahan-bahan ini masih membutuhkan penelitian medis lebih lanjut mengenai manfaat dan keamanannya.

Pastikan mencuci tangan dan wajah terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan bahan-bahan di bawah ini.

  • Madu dan kayu manis. Madu adalah antibiotik alami yang dapat berperan mengeluarkan kotoran dari pori. Campurkan satu sendok teh madu dengan setengah sendok teh kayu manis bubuk. Oleskan pada wajah dengan gerakan memutar setidaknya selama tiga menit, kemudian cuci wajah dengan air hangat.
  • Masker putih telur dapat membantu mengencangkan pori, sekaligus membersihkan kotoran pada kulit wajah. Pisahkan putih dari kuning telur. Oleskan putih telur pada wajah dan tunggu hingga dua menit sampai mengering, lalu tambahkan lagi sisa putih telur. Tunggu hingga sekitar 10 menit hingga mengering dengan sendirinya. Terakhir, bilas dengan air hangat.
  • Campurkan jus lemon, satu sendok teh yoghurt, madu, dan satu sendok teh garam halus sebagai scrub untuk mengangkat komedo. Usapkan dengan gerakan memutar selama 2 -3 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Meski belum tentu berhasil, tapi cara di atas dapat menjadi metode yang lebih aman dibandingkan menggunakan ekstraktor. Sayangnya, penggunaan scrub, termasuk yang berbahan alami, kadang dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Memeriksakan kulit ke dermatologis

Cara menghilangkan komedo di hidung pada dermatologis umumnya sesuai dengan jenis komedo dan kondisi kulit. Terapi laser dan dermabrasi mungkin dapat diterapkan untuk menghilangkan komedo, tetapi teknik ini ternyata juga dapat menyebabkan bekas jaringan parut. Seorang dermatologis dapat menghilangkan komedo berukuran satu milimeter atau lebih (macrocomedones) dengan proses operasi atau kauterisasi.

Selalu gunakan jasa klinik kecantikan yang terpercaya dan berlisensi untuk perawatan yang satu ini. Hati-hatilah saat menggunakan jasa perawatan wajah yang disertai dengan pengangkatan komedo di sembarang salon-salon kecantikan. Perhatikanlah bahwa alat-alat ini harus bersih dan disterilkan sebelum digunakan.

Setelah kulit hidung bersih, bukan berarti akan terbebas dari komedo selamanya. Ingatlah bahwa ada kondisi-kondisi alami tubuh yang memungkinkan komedo kembali. Jangan cemas, ada cara-cara yang dapat dilakukan untuk mencegah komedo datang lagi, antara lain:

  • Gunakan produk perawatan kulit yang berlabel noncomedogenic atau nonacnegenic karena lebih tidak berisiko menyebabkan penyumbatan pori-pori. Begitu juga dengaan produk make-up yang berbahan dasar air dan bebas minyak.
  • Hindari produk pembersih eksfolian yang bersifat abrasif karena justru berisiko menyebabkan iritasi pada kulit. Menggunakan oatmeal justru dapat menjadi pilihan jika memang produk eksfolian terlalu keras pada kulit Anda.
  • Hindari menyentuh wajah saat tangan sedang kotor. Ini dapat menyebabkan berpindahnya bakteri dari tangan ke wajah sehingga menimbulkan komedo.
  • Cuci dan ganti sarung bantal secara teratur untuk menghilangkan debu,minyak, dan sisa sel kulit mati yang mungkin muncul saat Anda tidur malam.

Selain itu, memastikan untuk membersihkan make-up sebelum tidur serta mencuci tangan secara teratur adalah cara termudah untuk mencegah komedo datang lagi.

googletag.cmd.push(function(){googletag.display(“div-gpt-ad-1450067495602-0”);});

Check Also

mengatasi batuk parah

Mengatasi Batuk Parah menggunakan Kurma Dan Susu

Mengatasi Batuk Parah menggunakan Kurma Dan Susu – Tak hanya dikonsumsi saat berbuka puasa, buah kurma …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *